SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS WEB

  • Diah Puspitasari Manajemen Informatika AMIK BSI Bekasi
Keywords: Perpustakaan Sekolah, Sistem Informasi, System Development Life Cycle

Abstract

Perpustakaan sekolah harus dikelola dengan baik agar dapat memberi pelayanan yang baik kepada anggota, petugas perpustakaan, dan pimpinandalam mencari referensi. Pelayanan yang baik dapat dilihat pada kemudahan anggota mendapatkan informasi yang cepat dan akurat.  Perubahan bentuk pengolahan data perpustakaan yang manual ke pengolahan data yang berbasis komputer menjadi solusi untuk mengatasi keterlambatan informasi dan kesulitan pengelolaan detail data koleksi buku-buku yang ada. Dengan perkembangan teknologi komunikasi data, system informasi perpustakaan sekolah dapat dibangun sebagai sistem informasi perpustakaan online (berbasis web).Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah sistem informasi perpustakan berbasis web yang dapat memberikan informasi perpustakaan yang cepat, tepat, dan akurat untuk anggota, petugas perpustakaan, dan pimpinan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Model air terjun (waterfall) sering juga disebut model sekuensial linier (sequential liniear) atau alur hidup klasik (classic life cycle). Hasilnya sistem informasi perpustakaan sekolah berbasis web ini dapat  mempermudah petugas dalam proses pengolahan data perpustakaan serta informasi yang dihasilkan dapat digunakan sebagai pendukung pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Pimpinan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, M.Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql. Yogyakarta: ANDI.

Arip Aryanto (2013), Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan SMP Muhammadiyah 7 Surakarta, Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 15 FTI UNSA Vol 10 No 1 – Februari 2012 - ijcss.unsa.ac.id, ISSN : 1979-9330.

Connolly, Thomas and Begg, Carolyn. (2010). Database Systems A Practical Approach to Design, Implementation, and Management Fifth Edition. Boston: Pearson Education.

F.K Sibero, Alexander. 2012. Kitab Suci Web Progamming. Yogyakarta:Mediakom.

Gordon B. Davis. 2003. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta:Andi.

Hasugian, Humisar. Shidiq, Ahmad Nur. Rancang Bangun Sistem Informasi Industri Kreatif Bidang Penyewaan Sarana Olahraga. ISBN : 979-26-0255-0. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012. 23 Juni 2012. Hal : 606-612. Diambil dari : http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/viewFile/215/169.

Mcleod, Raymond, 2001, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PT. Prenhallindo.

Sukamto, Rosa Ariani. Shalahuddin, M. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

Sulastri, Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Karangtengah, Indonesian Jurnal on Computer Science – Speed (IJCSS) 11 Vol 9 No 2 – Agustus 2012 , ISSN 1979 – 9330.

Sutarno, 2003. Perpustakaan dan Masyarakat. Ed. 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Yasin, Verdi. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Published
2016-09-15
How to Cite
Puspitasari, D. (2016). SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS WEB. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(2), 227-240. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/277
Article Metrics

Abstract viewed = 349 times
PDF downloaded = 290 times