





Informasi merupakan salah satu factor utama dalam marketing strategi, dengan menguasai informasi maka para pelaku bisnis dapat mengambil keputusan yang tepat untuk bisnisnya tersebut. berkembangya teknologi saat ini maka pendistribusian informasi menjadi sangat mudah, efektif, bersifat global, dan intemet adalah factor utamanya. Intenet ialah sebuah media yang sangat membantu para pelaku bisnis, dalam mengembangkan strategi baru dalam bisnisnya sehingga bisnisnya pun menjadi lebih lancar dan efektif. Pada dasamya e-commerce adalah melakukan bisnis online. Dalam bentuknya yang paling jelas, e-commerce menjual produk kepada konsumen secara online, tapi faktanya jenis bisnis apa pun yang dilakukan secara elektronik adalah e-commerce. Sederhananya e-commerce adalah membuat, mengelola dan meluaskan hubungan komersial secara online. Usaha e-commerce yang sukses mungkin melibatkan pembayaran, pengembangan dan perecanaan produk, mengelol produksi atau manufaktur. Pemasaran, penjualan, layaran,kolaborasi antara sesama bisnis. Dan mungkin semua jenis bisnis yang belum dipikirkan.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to the PILAR Nusa Mandiri journal as the publisher of the journal, and the author also holds the copyright without restriction.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases, and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , are allowed with written permission from the PILAR Nusa Mandiri journal.
PILAR Nusa Mandiri journal, the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions, or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the PILAR Nusa Mandiri journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.