E-CRM BERBASIS WEB PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN FUNITURE

  • Heru Purwanto Manajemen Informatika AMIK BSI Bekasi
  • Achmad Sumbaryadi Manajemen Informatika AMIK BSI Bekasi
  • Sarmadi Sarmadi Manajemen Informatika AMIK BSI Bekasi
Keywords: Metodologi FAST, Freamwork for Application of Systems Technology, E-CRM, Sistem Informasi

Abstract

Perkembangan teknologi internet dan kemudahan akses dari berbagai peralatan komunikasi, memberikan pengaruh terhadap gaya konsumen jaman now untuk berbelanja secara efektif dan efisien. Peran perdagangan secara elektronik berbasis web dalam persaingan bisnis menuntut lebih kreatif dan inovatif untuk lebih memanjakan konsumen tetap loyal. E-commerce merupakan suatu upaya untuk memberikan kemudahan bertransaksi secara online kapanpun dan dimanapun tanpa konsumen harus keluar rumah. Oleh karena itu diperlukan suatu strategi untuk pengolahan data konsumen, promosi produk, penjualan produk dan mengolah data pelayanan konsumen untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin sesuai target yang telah ditetapkan oleh sebuah perusahaan.Pendekatan metode Customer Relationship management (CRM) melalui operasional, analitik dan kolaboratif menjadi tolak ukur dalam pembuatan situs E-CRM berbasis web agar sesuai dengan kebutuhan dalam mendapatkan hubungan yang baik dengan konsumen. Metodologi FAST (Freamwork for Application of Systems Technology) digunakan untuk pengembangan sistem aplikasi melalui pendekatan model Driven Development strategy. Teknis perancangan sistem dengan menggunakan UseCase Diagram dan Activity Diagram serta Entity Relationship Diagram (ERD).Aplikasi MySql Server, Webserver digunakan untuk mendukung pembuatan Basis Data.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, D. W. I. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, 17, 114–126.

Aryanto, A., & Tjendrowasono, T. I. (2012). Pembangunan Sistem Penjualan Online Pada Toko Indah Jaya Furniture Surakarta. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(4), 56–62.

Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN) 1,2,3. Sistem Informasi, 4(2), 516–529.

Frieyadie, F. (2014). WEB SISTEM INFORMASI BERBASIS W2000 UNTUK DUKUNGAN PEMESANAN DAN PENJUALAN PRODUK SAFETY. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 10(1), 111–115. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/366

Frieyadie, F. (2015). PENERAPAN RAPID APPLICATION DEVELOPMENT MODEL PADA PERANCANGAN DAN KAJIAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB. Jurnal Sistem Informasi, 4(2), 135–141. Retrieved from http://www.ejournalab.com/index.php/jsi/article/view/31

Gautama, I. (2005). Relationship Marketing Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Customer Relationship Management Untuk, 2005(Snati).

Hidayat, T. (2008). Panduan Membuat Toko Online dengan OSCommerce. (Media Kita, Ed.). jakarta: MediaKita.

Indah, I. N. (2013). Pembuatan sistem informasi penjualan pada toko sehat jaya elektronik pacitan. Indonesian Jurnal on Computer Science -Speed (Ijcss), 10(2), 124–128.

Irawati, D. (2011). Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis – ISSN: 2085-1375 Edisi Ke-VI, November 2011, VI(November), 95–112.

Kurniawan, D. (2009). MANAGEMENT ) BERBASIS WEB DALAM BIDANG JASA Disusun oleh : Universitas BINUS Jakarta, 1–25.

ladjammuddin al, B. (2005). Analisis dan Desain sistem infomasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Munizu, M. (1990). Pengaruh Faktor-Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro dan Kecil ( UMK ) di Sulawesi Selatan. Manajemen Dan Kewirausahaan, 12(2010), 33–41.

Prawira, S. (2013). peran aplikasi customer relationship management (CRM) pada Perusahaan. Jakarta.

Purwanto, H., Sarmadi, S., & Sumbaryadi, A. (2017). Laporan Akhir Penelitian Dosen Yayasan. Bekasi.

Sukamto, R., & Salahudin, M. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Sunarya, L., & Susanti, E. (2013). ENRICHING COMPANY PROFILE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI. CCIT Journal, 7(40), 77–93.

Susanto, D., Supriatna, A. D., & Gunadhi, E. (2012). Sistem Pengelolaan Data Transaksi Penjualan Alat Tulis Kantor Dan Jasa Photo Copy Secara Kredit Di PD. AZKA Garut. Jurnal Algoritma, 9(1), 148. Retrieved from http://jurnal.sttgarut.ac.id/index.php/algoritma/article/view/30

Tjiharjadi, S. (2005). Aplikasi Sistem Pemesanan Barang Menggunakan WAP. Informatika, I(2), 121–133.

Wahyunningrum, T., & Januarita, D. (2015). Implementasi dan Pengujian Web E-commerce untuk Produk Unggulan Desa. Jurnal Komputer Terapan, 1(1), 57–66.

Whitten, L. J. ., & Bentley, L. D. (2007). System Analysis and Design Methods. New York: McGraw-Hill. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Published
2018-03-15
How to Cite
Purwanto, H., Sumbaryadi, A., & Sarmadi, S. (2018). E-CRM BERBASIS WEB PADA SISTEM INFORMASI PENJUALAN FUNITURE. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 15-20. https://doi.org/10.33480/pilar.v14i1.82
Article Metrics

Abstract viewed = 484 times
PDF downloaded = 401 times