Author Guidelines

Silakan siapkan manuskrip Anda sebelum dikirim, dengan menggunakan panduan berikut dan klik link ini untuk mendownload template manuskrip.

Judul

Judul Ditulis dengan Font Cambria 14, (Max 14 Kata: Bahasa Indonesia)

Penulis1, Penulis2
1Jurusan, fakultas, institusi
2Jurusan, fakultas, institusi
1namaPenulis@institusi.org, 2namaPenulis@institusi.org

Judul harus jelas dan singkat. Hanya huruf awal judul saja yang menggunakan huruf besar dan cetak tebal. Nama penulis dan afiliasinya seperti yang tertulis diatas. Nama penulis ditulis secara jelas tanpa gelar. Penomoran heading dengan sistem Arabic dengan sub-heading maksimal hingga 3 tingkat.

Abstrak [gunakan font Cambria 10]

Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, maksimal 200 kata dalam bahasa Inggris dan 250 kata dalam bahasa Indonesia. Abstrak ditulis dengan Cambria 10, spasi 1, 1 paragraf, bercetak miring untuk abstract [english) dan cetak lurus (indonesia) dan dengan format satu kolom.

Kata Kunci

kata kunci dituliskan dalam 3-5 kata yang sebaiknya merupakan subset dari judul makalah, ditulis dengan menggunakan huruf kecil kecuali untuk singkatan, dan dipisahkan dengan tanda baca koma untuk antar kata.

contoh : Kata Kunci : Sistem Informasi, Teknologi Komputasi, Data Mining, [maksimal 5 kata kunci]

Struktur Manuskrip

Artikel hendaknya memuat tulisan yang berisi 1. Pendahuluan, 2. Bahan dan Metode (bisa meliputi analisis, arsitektur, metode yang dipakai untuk menyelesaikan masalah, implementasi), 3. Hasil dan Pembahasan, 4.Kesimpulan, Referensi. Sub Judul menggunakan huruf Cambria 10 cetak tebal.

Pendahuluan

Isi dari pendahuluan adalah jawaban atas pertanyaan :

Latar belakang Masalah
Alasan diadakan penelitian ini
Pertanyaan tujuan penelitian
Metodologi Penelitian

Jelaskan metode preparasi dan teknik karakterisasi yang digunakan. Jelaskan dengan ringkas, tetapi tetap akurat seperti ukuran, volume, replikasi dan teknik pengerjaan. Untuk metode baru harus dijelaskan secara rinci agar peneliti lain dapat mereproduksi percobaan. Sedangkan metode yang sudah mapan bisa dijelaskan dengan memetik rujukan.

Panjang Naskah

Naskah ditulis dalam ukuran kertas A4 dengan jumlah halaman minimum 6 halaman, maksimum 8 halaman, termasuk tabel dan gambar, serta dengan mengacu tata cara penulisan seperti telah yang disusun pada tulisan ini.

Tabel
Tabel harus diberi nomor sesuai urutan presentasi (Tabel 1, dst.). Judul tabel ditulis diatas tabel dengan posisi rata tengah (center justified). Font yang dipakai berukuran 8pt baik judul tabel maupun isi tabel. Tabel harus diacu dan dirujuk dalam text. Tabel tidak mengunakan garis vertikal

Gambar
Gambar diberi nomor sesuai urutan presentasi (Gambar.1, dst.). Judul gambar yang diletakkan dibawah gambar dengan posisi tengah (centre justified). Font yang dipakai dalam judul gambar berukuran 8pt. Gambar harus diacu dan dirujuk dalam text.

Spesifikasi Halaman

Gunakan tipe huruf Cambria pada seluruh naskah, dengan ukuran huruf seperti yang telah dicontohkan pada panduan penulisan ini. Jarak spasi adalah single dan isi tulisan atau naskah menggunakan perataan kiri-kanan (justified).

Ukuran halaman adalah A4 (210 mm x 297 mm). Margin halaman adalah 25 mm atas-bawah, kiri dan kanan.

Cara mudah menulis naskah adalah dengan menulis langsung di template Jurnal.

Referensi
Penulisan referensi/pustaka menggunakan system APA editon 6. Diwajibkan menggunakan tools Mendeley. Semua yang tertera dalam daftar pustaka/rujukan harus dirujuk dalam tulisan atau paper. Minimal 10 referensi primer dan terbaru.

PETUNJUK PENULISAN REFERENSI

Referensi yang berasal dari buku
Aturan penulisan: Author, Initials/First name., (Year). Title of book. Edition. Place of publication: Publisher.

Contoh:
Redman, P., 2006. Good essay writing: a social sciences guide. 3rd ed. London: Open University in assoc. with Sage.

Referensi yang berasal dari jurnal
Aturan penulisan: Author, Initials., (Year). Title of article. Full Title of Journal, Volume number (Issue/Part number), Page numbers.

Contoh:
Boughton, J.M., (2002). The Bretton Woods proposal: an in depth look. Political Science Quarterly, 42 (6),pp.564-78.

Referensi yang berasal dari laporan seminar
Aturan penulisan: Authorship author, editor or organisation, (Year). Full title of conference report. Location, Date, Publisher: Place of publication.

Contoh:
UNDESA (United Nations Department of Economic and Social Affairs), (2005). 6th Global forum on reinventing government: towards participatory and transparent governance. Seoul, Republic of Korea 24-27 May 2005. United Nations: New York.

Referensi yang berasal dari makalah seminar/prosiding
Aturan penulisan: Authorship, Year. Full title of conference paper. In: followed by Editor or name of organisation, Full title of conference. Location, Date, Publisher: Place of publication.

Contoh:
Brown, J., (2005). Evaluating surveys of transparent governance. In: UNDESA (United Nations Department of Economic and Social Affairs), 6th Global forum on reinventing government: towards participatory and transparent governance. Seoul, Republic of Korea 24-27 May 2005. United Nations: New York.

Referensi yang berasal dari desertasi
Aturan penulisan: Author, (Year of publication). Title of dissertation. Level. Place of University (If not clear from the name of the University): Name of University.

Contoh:

Richmond, J., (2005). Customer expectations in the world of electronic banking: a case study of the Bank of Britain. Ph. D. Chelmsford: Anglia Ruskin University.

Referensi yang berasal dari situs web
Aturan penulisan: Authorship or Source, (Year). Title of web document or web page. [Medium] (date of update)

Contoh:
Webpage with an author
Welch, N. (2000, February 21). Toward an understanding of the determinants of rural health. Retrieved from http://www.ruralhealth.org.au/welch.htm

Webpage with no author
ANCI national competency standards for the registered nurse and the enrolled nurse. (2000). Retrieved from http://www.anci.org.au/competencystandards.htm