MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS E-LEARNING PADA SMK NUSAJAYA TANGERANG

  • Ajay Supriadi Universitas Raharja
  • Fifit Alfiah Universitas Raharja
  • Mochamad Fiqri Nur Fauzan STMIK Raharja
Keywords: E-Learning, COOPERATIVE LEARNING, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kesenjangan dalam belajar mengajar di SMK Nusajaya Tangerang, penelitian ini bertujuan untuk menjadikan model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Team Game Tournament Berbasis E-learning yang bisa meningkatkan minat dan sikap belajar siswa  pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nusajaya Tangerang. Hasil penelitian ini adanya sebuah e-learning yang bisa menarik minat dan sikap siswa untuk belajar. Di dalam e-learning tidak hanya memuat konten materi pembelajaran tetapi terdapat menu untuk interaksi dengan siswa dan menu yang menarik untuk siswa, maka penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) pada proses pengujian kualitas aplikasi menggunakan Black box testing. Sehingga pengujian sistem ini menunjukan hasil yang sangat layak untuk dipergunakan, setelah digunakan pada pembelajaran dengan dua tahap yaitu siklus 1 sebesar 68,53% dan siklus 2 mendapatkan hasil yang meningkat 12,94 % pada minat dan sikap siswa menjadi 81,47%.

Author Biography

Fifit Alfiah, Universitas Raharja

Contributor Author

References

Agus, S. (2009). Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Pelajar.

Dewi, R. S., Marchada, R. R., & Rifai, A. (2016). Analisa Pieces Penerapan Digital Monitoring Informasi Penyewaan Ruko Pasar 8 Pada Pt . Alam Sutera Realty , Tbk. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2016 (SENTIKA 2016), 2016(Sentika), 18–19.

Fuad, M., & Ghufron, A. (2014). Pengembangan E-Learning dengan Pendekatan Teori Kognitif Multimedia Pembelajaran di Jurusan Tkj SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 28–39.

Husain, A. I., Husain, A. I., & Husain, A. I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Elektronika Analog Siswa Kelas X Tkj 1 Di Smk Negeri 1 Sidenreng Cooperative Learning Model Application Type Games Team Tournament Results Increase in Anal, 3, 170–174.

Juwita, L., Sari, N. P. W. P., & Septianingrum, Y. (2017). The Effect of Team Game Tournament (TGT) Cooperative Learning Method Application Towards Learning Motivation and Achievement. Indonesian Nursing Journal of Education and Clinic (INJEC), 2(2), 154–163. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24990/injec.v2i2.142

Kariyana, I. K. (2013). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DRIBBLING SEPAKBOLA. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 1(5). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/1797

Kurnia, R. D., Ruskan, E. L., & Ibrahim, A. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dan Peningkatan Mutu Lulusan Alumni Fasilkom Unsri Berbasis E-Learning (studi kasus: matakuliah pemrograman web). JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 6(1), 645–654.

Pratiwi Hartono, N., Saptaning Wilujeng, C., & Andarini, S. (2015). Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat antara Metode Ceramah dan Metode Komik. Indonesian Journal of Human Nutrition, 2(2), 76–84. https://doi.org/10.21776/ub.ijhn.2015.002.02.2

Pratiwi, Y., & Mulyani, S. (2015). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Dan Interaksi Sosial Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament ( Tgt ) Dilengkapi Media Peta Konsep Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas Xi Ipa Sma Batik 1 Surakarta Tahun , 4(1), 182–188.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15–20.

Rohmah, E. A., & Wahyudin. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Game Online terhadap Pemahaman Konsep dan Penalaran Matematis Siswa. Eduhumaniora, 8(2), 126.

Supriadi, A., Alfiah, F., & Fauzan, M. F. N. (2019). Laporan Akhir Penelitian: Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament Berbasis E-Learning Pada Smk Nusajaya Tangerang. Tangerang.

Susilowati, D. (2013). Studi Komparasi Hasil Belajar Akuntansi Dengan Penerapan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Metode Ceramah Bervariasi Pada Kompetensi Dasar Jurnal Khusus Siswa Kelas Xii Ips Sma Muhammadiyah 01 Pati. Economic Education Analysis Journal, 2(3).

Veloo, A., & Chairhany, S. (2013). Fostering Students’ Attitudes and Achievement in Probability Using Teams-games-tournaments. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 59–64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.152

Published
2019-09-06
How to Cite
Supriadi, A., Alfiah, F., & Nur Fauzan, M. (2019). MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT BERBASIS E-LEARNING PADA SMK NUSAJAYA TANGERANG. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 16(2), 105-112. https://doi.org/10.33480/techno.v16i2.398
Article Metrics

Abstract viewed = 55 times
PDF downloaded = 47 times