FASILITATOR PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI TENAGA PENGAJAR PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA LHOKSEUMAWE

Authors

  • Rizki Suwanda Universitas Malikussaleh
  • Said Fadlan Anshari Universitas Malikussaleh
  • Muhammad Daud Universitas Malikussaleh
  • Rizky Putra Fhonna Universitas Malikussaleh
  • Syibral Malasyi Universitas Malikussaleh
  • Tulus Setiawan Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.33480/abdimas.v6i2.5888

Keywords:

digital learning media, education, information technology, interactive learning

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang vital bagi pengembangan individu, dengan guru memainkan peran sentral dalam menentukan kualitas pendidikan. Kompetensi guru, meliputi kemampuan pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional, sangat penting untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif. Seiring dengan perkembangan teknologi, pemanfaatan media pembelajaran digital telah menjadi metode yang inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Namun, hal ini masih jarang dilakukan oleh guru di dalam proses pembelajaran kepada peserta didiknya. Maka dari itu, penelitian ini berfokus pada kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mengaplikasikan media pembelajaran digital kepada guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Lhokseumawe. Muatan materi yang diberikan kepada peserta kegiatan juga merupakan hasil observasi dan wawancara yang diberikan oleh pihak mitra berdasarkan kebutuhan sekolah. Kegiatan dimulai dari persiapan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, dari 6 hingga 8 Agustus 2024 dan meliputi presentasi materi, diskusi, serta praktik langsung. Selama tiga hari pelatihan, guru diberikan materi mengenai perkembangan teknologi informasi, pengelolaan kelas secara interaktif, serta media dan game pembelajaran interaktif. Materi yang diberikan antara lain adalah perkembangan teknologi informasi dalam pembelajaran digital, pengelolaan kelas secara interaktif dan media pembelajaran digital, serta media pembelajaran dan game pembelajaran dengan memanfaatkan beberapa perangkat lunak, seperti produk Google (GForm, Classroom, Drive), Wordwall, dan Quizizz. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat pengetahuan peserta meningkat signifikan, dengan 89,5% berhasil menjawab soal evaluasi dengan benar dan 100% peserta mengumpulkan tugas yang diberikan.

References

B. P. Abd Rahman, S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, and Y. Yumriani, "Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan," Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1-8, 2022.

N. E. Putri, E. Zuliana and Mardiah, "makna dan tujuan pendidikan menurut syed. muhammad naquib al-attas," Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), vol. 6, no. 3, pp. 150–159, Sep. 2023, doi: 10.31004/jrpp.v6i3.18733.

I. Sulistiani and Nursiwi Nugraheni, “Makna Guru Sebagai Peranan Penting Dalam Dunia Pendidikan,” jcp, vol. 3, no. 4, pp. 1261–1268, Oct. 2023, doi: 10.38048/jcp.v3i4.2222.

R. Riswanto and D. . Mulyanti, “Peran Guru dan Kepala Sekolah sebagai Aktor Pendidikan di Tengah Perubahan Lingkungan Pendidikan yang Berubah Cepat,” JCS, vol. 3, no. 6, pp. 1186–1192, Jun. 2024, doi: 10.59188/jcs.v3i6.757.

I. Ifriani, N. R. Hamnar, S. M. S, and B. Rama, “Visi Misi UU RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen dalam Hubungannya dengan Evaluasi Pendidikan,” JIM, vol. 3, no. 8, pp. 574–573, Jul. 2024, doi: 10.56799/jim.v3i8.4520.

S. A. Barokah, "Pentingnya profesi guru guna meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan," Thesis Commons, 2022.

N. Anwar, T. N. Romadhon, A. Sandro and Khikmawanto, "Peran Guru sebagai Fasilitator Pembelajaran dalam Mendorong Kreativitas Siswa," Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, vol. 4, no. 3, pp. 208-214, 2023, doi: 10.36418/syntax-imperatif.v4i3.240.

Hendra, H. Afriyadi, Tanwir, N. Hayati, Supardi, S. N. Laila, Y. F. Prakasa, R. P. A. Hasibuan and A. D. A. Asyhar, Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik), Indonesia: PT. Sonpedia Publishing, 2023.

F. A. Rahma, H. S. Harjono and U. Sulistyo, "Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital," basicedu, vol. 7, no. 1, pp. 603–611, Feb. 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4653.

K. Anam, S. Mulasi and S. Rohana , "Efektiftas Penggunaan Media Digital Dalam Proses Belajar Mengajar," JGA, vol. 2, no. 2, pp. 76–87, Dec. 2021, doi: 10.47766/ga.v2i2.161.

M. Hidayati, "Pemanfaatan media digital di kalangan mahasiswa prodi ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Malikussaleh," Telangke: Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi, vol. 5, no. 1, pp. 47-58, 2023, doi: 10.55542/jiksohum.v5i1.761.

S. Kuntari, "Pemanfaatan Media Digital dalam Pembelajaran," Prosiding Sentikjar, vol. 2, pp. 90-94, May 2023, doi: 10.47435/sentikjar.v2i0.1826.

L. D. Putra, D. A. Fitriyani, S. Fatimah and D. S. S. Berlianti, "Pengaruh Penggunaan Teknologi Media Digital dalam Pembelajaraan Siswa Secara Kontekstual dan Audio Visual di Sekolah Dasar," basicedu, vol. 7, no. 4, pp. 2672–2678, Sep. 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i4.5921.

A. Yuniarti, Titin, F. Safarani, I. Rahmadia and S. Putri, "Media Konvensional Dan Media Digital Dalam Pembelajaran," JUTECH: Journal Education and Technology, vol. 4, no. 2, pp. 84-95, 2023, doi: 10.31932/jutech.v4i2.2920.

Yunitasari and H. Prasetya, "Literasi Media Digital Pada Remaja Ditengah Pesatnya Perkembangan Media Sosial," Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, vol. 8, no. 1, pp. 12-25, 2022, doi: 10.32509/dinamika.v8i1.2101.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

[1]
R. Suwanda, S. F. Anshari, M. Daud, R. P. Fhonna, S. Malasyi, and T. Setiawan, “FASILITATOR PEMBELAJARAN DIGITAL BAGI TENAGA PENGAJAR PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA LHOKSEUMAWE”, abdimas, vol. 6, no. 2, pp. 172–180, Oct. 2024.