RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM INFORMASI ABSENSI KARYAWAN ONLINE

  • Rully Roosdianto (1) Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ani Oktarini Sari (2*) Universitas Bina Sarana Informatika
  • Arief Satriansyah (3) Universitas Bina Sarana Informatika

  • (*) Corresponding Author
Keywords: sistem informasi, Aplikasi Absensi Karyawan, Website Absensi Karyawan

Abstract

Absensi dan rekap absensi adalah kegiatan yang sangat penting dalam proses penggajian karyawan. Perhitungan absen yang dihitung dengan jumlah hari kerja menjadikan proses ini perlu adanya pengawasan dalam pencatatan data absensi maupun perekapannya nanti. CV Cahaya Toner adalah perusahaan swasta yang bergerak dibidang retail toner dan printer, yang sudah berdirikan sejak akhir tahun 2014. Sistem yang digunakan dalam proses absensi karyawan pada CV Cahaya Toner masih manual, yakni dengan dicatat buku absensi dan membubuhkan tanda tangan. Hal ini tentu saja memiliki dampak pada efektifitas dan efisiensi pendataan, pencarian data, dan menghitung rekap absensi yang membutuhkan waktu, sehingga resiko kesalahan akan kehilangan data absensi semakin besar. Untuk itulah dibutuhkannya aplikasi yang digunakan untuk absensi dan sekaligus monitoring dalam rekapan absensinya. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dengan model waterfall. Diharapkan dengan adanya aplikasi absensi karyawan berbasisw web ini dapat memberikan kemudahan dalam proses absensi, pencarian data dan perhitungan rekap absensi, serta mengurangi resiko kehilangan dan kesalahan pencatatan data absensi pada CV Cahaya Toner.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mayliana, N., & Atmojo, W. T. (2019). Perancangan Sistem Informasi Absensi Karyawan Toko Berbasis Web (Studi Kasus Pada PT Borneo Raya Mandiri). Jurnal Inovasi Informatika, Volume IV(Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Inovasi Informatika Volume IV No 2 September 2019).

Nawang, M., Kurniawati, L., & Putra, D. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Persediaan Barang Berbasis Dekstop Dengan Model Waterfall. Jurnal PILAR Nusa Mandiri, 13 No 2.

Pradnyana, G. A., & Brahma, A. A. G. R. W. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Kehadiran Dosen Secara Realtime Berbasis Web. IJNSE (International Journal of Natural Sciences and Engineering), Volume 4, 11–20.

Putra Bangsawan, I. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Menentukan Disiplin Kerja Karyawan Pada PT. BPR Luhur Damai Tabanan. E-Jurnal Manajemen, 2(1). Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/4317

Rio, N., Hariyanto, D., & Sunita, E. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Absensi Karyawan Pada PT. San Andreas Mandiri Bekasi. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, Vol.5, No., 34–41.

Riyanto, A. D., & Ma’arif, K. (2016). Aplikasi M– Commerce Berbasis Android Pada Zona Komputer Banjarnegara. Telematika, 9 No 1. Retrieved from https://doi.org/10.35671/telematika.v9i1.41%0A5

Romindo, & Ameylia, N. (2019). Sistem Informasi Pengarsipan Pada Kantor Notaris Efrina Nofiyanti Kayadu, SH., M.Kn Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. REMIK; Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, (Vol. 3 No. 2 (2019): Remik Volume 3 Nomor 2 April 2019).

Santoso, H., & Yulianto, A. W. (2017). Analisa Dan Perancangan Sistem Absensi Siswa Berbasis Web Dan Sms Gateway. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, Vol. 16, N, 65–75.

Subroto, V. K. (2019). Sistem Informasi Absensi Karyawan Untuk Perhitungan Gaji Pada Cv. Sumber Lumas Semarang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Volume 10, 33–39.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung.

Published
2021-02-01
How to Cite
Roosdianto, R., Sari, A., & Satriansyah, A. (2021). RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM INFORMASI ABSENSI KARYAWAN ONLINE. INTI Nusa Mandiri, 15(2), 135-142. https://doi.org/10.33480/inti.v15i2.1932
Article Metrics

Abstract viewed = 5416 times
PDF downloaded = 4160 times