KLASIFIKASI ALGORITMA C4.5 DAN NAÏVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI MENURUNNYA HASIL BELAJAR SISWA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI

  • Uswatun Hasanah Universitas Nusa Mandiri
Keywords: c4.5, hasil belajar, klasifikasi, naïve bayes, pandemi

Abstract

 

Abstrak—Dikarenakan adanya virus covid-19 sehingga sistem belajar yang sebelumnya secara langsung atau bertatap muka berganti menjadi pola pembelajaran secara daring. Sistem pembelajaran yang dilakukan secara daring ini memanfaatkan aplikasi seperti WhatsApp dan beberapa aplikasi lain seperti Google Classroom, Google Meet, Zoom, dll. Pada saat menggunakan sistem belajar secara daring tidak seterusnya berjalan lancar, namun ada saja kendala-kendala yang bisa terjadi diantaranya seperti jaringan internet yang belum merata dikarenakan baru ada satu provider, siswa kurang memahami materi yang diajarkan guru hingga faktor lingkungan kurang mendukung untuk belajar dengan fokus. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengklasifikasi penyebab penurunan hasil belajar siswa pada masa pandemi dengan menggunkan metode algoritma c4.5 dan metode naïve bayes. Sumber data pada penelitian diperoleh dari data kuesioner yang dibagikan kepada para siswa di SMA Negeri 1 Sungai Are. Atribut yang digunakan pada penelitian ini yaitu : Waktu belajar, pemahaman materi, pemberian tugas dan lingkungan. Hasil perhitungan menyebutkan atribut pemahaman materi merupakan atribut yang paling berpengaruh terhadap menurunnya hasil belajar siswa. Pengujian juga dilakukan dengan menggunakan bantuan software Rapidminer dan memperoleh Perfomance ataupun tingkatan akurasi untuk Algoritma C4. 5 adalah sebanyak 86. 96% serta Algoritma Naïve Bayes adalah sebanyak 86, 13%. Setelah dilakukan Perbandingan diantara dua algoritma tersebut, yang memiliki tingkat ke Akurasian lebih tinggi yaitu Algoritma C4.5.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57
Eska, J. (2016). Penerapan Data Mining Untuk Prekdiksi Penjualan Wallpaper Menggunakan Algoritma C4.5 STMIK Royal Ksiaran. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 2, 9–13.
Fitriani, Y., Defit, S., & Nurcahyo, G. W. (2021). Prediksi Hasil Belajar Siswa Secara Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode C4.5. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 3, 120–127. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v3i3.54
Irnanda, K. F., Hartama, D., & Windarto, A. P. (2021). Analisa Klasifikasi C4.5 Terhadap Faktor Penyebab Menurunnya Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 327. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2763
Kadafi, A. R. (2018). Perbandingan Algoritma Klasifikasi Untuk Penjurusan Siswa SMA. Jurnal ELTIKOM, 2(2), 67–77. https://doi.org/10.31961/eltikom.v2i2.86
Lailil Muflikhah, Dian Eka Ratnawati, & Rekyan Regasari MP. (2018). Data Mining - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/DATA_MINING/rTlmDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kdd+data+mining&printsec=frontcover
Okprana, H., & Sormin, R. K. (2022). Analisis Algoritma C4 . 5 Terhadap Faktor Penyebab. KESATRIA Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), 3(1), 43–52.
Puspitasari, D., Al Khautsar, S. S., & Mustika, W. P. (2019). Algoritma Naïve Bayes Untuk Memprediksi Kredit Macet Pada Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Informatika Upgris, 4(2). https://doi.org/10.26877/jiu.v4i2.2919
Rufiyanto, A., Rochcham, M., & Rohman, A. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Kepuasan Mahasiswa Tahun 2020 - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Penerapan_Algoritma_C4_5_Untuk_Prediksi/_bkgEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=algoritma+c4.5&printsec=frontcover
Sanubari, T., Prianto, C., & Riza, N. (2020). Metode Klasifikasi Menentukan Kenaikan Level UKM Bandung Timur Dengan Algor... - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Odol_one_desa_one_product_unggulan_onlin/s4j_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=algoritma+naive+bayes&pg=PA43&printsec=frontcover
Saputra, R. A., & Ayuningtias, S. (2016). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Penentuan Calon Penerima Beasiswa Pada Smk Pasim Plus Sukabumi. Swabumi, IV(2), 114–120.
Sihombing, I. A., Hartama, D., Parlina, I., Gunawan, I., & Kirana, I. O. (2021). Analisis Keberhasilan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 menggunakan Algoritma C4 . 5 dan Naive Bayes. Jurnal Komputer Dan Informatika, 3(November), 89–96.
Widaningsih, S. (2019). Perbandingan Metode Data Mining Untuk Prediksi Nilai Dan Waktu Kelulusan Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Dengan Algoritma C4,5, Naïve Bayes, Knn Dan Svm. Jurnal Tekno Insentif, 13(1), 16–25. https://doi.org/10.36787/jti.v13i1.78
Yendrizal. (2022). Monograf Algoritma C4.5 Pada Teknik Klasifikasi Penyusutan Volume Pupuk. https://www.google.co.id/books/edition/Monograf_ALGORITMA_C4_5_PADA_TEKNIK_KLAS/gsldEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=algoritma+c4.5&pg=PA8&printsec=frontcover
Published
2022-08-16
How to Cite
Hasanah, U. (2022). KLASIFIKASI ALGORITMA C4.5 DAN NAÏVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI MENURUNNYA HASIL BELAJAR SISWA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI. INTI Nusa Mandiri, 17(1), 8 - 15. https://doi.org/10.33480/inti.v17i1.3139