KLASIFIKASI ALGORITMA C4.5 DAN NAÏVE BAYES UNTUK MEMPREDIKSI MENURUNNYA HASIL BELAJAR SISWA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI
Abstract
Abstrak—Dikarenakan adanya virus covid-19 sehingga sistem belajar yang sebelumnya secara langsung atau bertatap muka berganti menjadi pola pembelajaran secara daring. Sistem pembelajaran yang dilakukan secara daring ini memanfaatkan aplikasi seperti WhatsApp dan beberapa aplikasi lain seperti Google Classroom, Google Meet, Zoom, dll. Pada saat menggunakan sistem belajar secara daring tidak seterusnya berjalan lancar, namun ada saja kendala-kendala yang bisa terjadi diantaranya seperti jaringan internet yang belum merata dikarenakan baru ada satu provider, siswa kurang memahami materi yang diajarkan guru hingga faktor lingkungan kurang mendukung untuk belajar dengan fokus. Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengklasifikasi penyebab penurunan hasil belajar siswa pada masa pandemi dengan menggunkan metode algoritma c4.5 dan metode naïve bayes. Sumber data pada penelitian diperoleh dari data kuesioner yang dibagikan kepada para siswa di SMA Negeri 1 Sungai Are. Atribut yang digunakan pada penelitian ini yaitu : Waktu belajar, pemahaman materi, pemberian tugas dan lingkungan. Hasil perhitungan menyebutkan atribut pemahaman materi merupakan atribut yang paling berpengaruh terhadap menurunnya hasil belajar siswa. Pengujian juga dilakukan dengan menggunakan bantuan software Rapidminer dan memperoleh Perfomance ataupun tingkatan akurasi untuk Algoritma C4. 5 adalah sebanyak 86. 96% serta Algoritma Naïve Bayes adalah sebanyak 86, 13%. Setelah dilakukan Perbandingan diantara dua algoritma tersebut, yang memiliki tingkat ke Akurasian lebih tinggi yaitu Algoritma C4.5.
Downloads
References
Eska, J. (2016). Penerapan Data Mining Untuk Prekdiksi Penjualan Wallpaper Menggunakan Algoritma C4.5 STMIK Royal Ksiaran. JURTEKSI (Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi), 2, 9–13.
Fitriani, Y., Defit, S., & Nurcahyo, G. W. (2021). Prediksi Hasil Belajar Siswa Secara Daring pada Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode C4.5. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 3, 120–127. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v3i3.54
Irnanda, K. F., Hartama, D., & Windarto, A. P. (2021). Analisa Klasifikasi C4.5 Terhadap Faktor Penyebab Menurunnya Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 327. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2763
Kadafi, A. R. (2018). Perbandingan Algoritma Klasifikasi Untuk Penjurusan Siswa SMA. Jurnal ELTIKOM, 2(2), 67–77. https://doi.org/10.31961/eltikom.v2i2.86
Lailil Muflikhah, Dian Eka Ratnawati, & Rekyan Regasari MP. (2018). Data Mining - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/DATA_MINING/rTlmDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kdd+data+mining&printsec=frontcover
Okprana, H., & Sormin, R. K. (2022). Analisis Algoritma C4 . 5 Terhadap Faktor Penyebab. KESATRIA Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), 3(1), 43–52.
Puspitasari, D., Al Khautsar, S. S., & Mustika, W. P. (2019). Algoritma Naïve Bayes Untuk Memprediksi Kredit Macet Pada Koperasi Simpan Pinjam. Jurnal Informatika Upgris, 4(2). https://doi.org/10.26877/jiu.v4i2.2919
Rufiyanto, A., Rochcham, M., & Rohman, A. (2020). Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Kepuasan Mahasiswa Tahun 2020 - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Penerapan_Algoritma_C4_5_Untuk_Prediksi/_bkgEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=algoritma+c4.5&printsec=frontcover
Sanubari, T., Prianto, C., & Riza, N. (2020). Metode Klasifikasi Menentukan Kenaikan Level UKM Bandung Timur Dengan Algor... - Google Books. https://www.google.co.id/books/edition/Odol_one_desa_one_product_unggulan_onlin/s4j_DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=algoritma+naive+bayes&pg=PA43&printsec=frontcover
Saputra, R. A., & Ayuningtias, S. (2016). Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Penentuan Calon Penerima Beasiswa Pada Smk Pasim Plus Sukabumi. Swabumi, IV(2), 114–120.
Sihombing, I. A., Hartama, D., Parlina, I., Gunawan, I., & Kirana, I. O. (2021). Analisis Keberhasilan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 menggunakan Algoritma C4 . 5 dan Naive Bayes. Jurnal Komputer Dan Informatika, 3(November), 89–96.
Widaningsih, S. (2019). Perbandingan Metode Data Mining Untuk Prediksi Nilai Dan Waktu Kelulusan Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Dengan Algoritma C4,5, Naïve Bayes, Knn Dan Svm. Jurnal Tekno Insentif, 13(1), 16–25. https://doi.org/10.36787/jti.v13i1.78
Yendrizal. (2022). Monograf Algoritma C4.5 Pada Teknik Klasifikasi Penyusutan Volume Pupuk. https://www.google.co.id/books/edition/Monograf_ALGORITMA_C4_5_PADA_TEKNIK_KLAS/gsldEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=algoritma+c4.5&pg=PA8&printsec=frontcover
Copyright (c) 2022 Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal mengenai publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal pada jurnal.
2. Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mengirimkannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada Jurnal.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, dalam penyimpanan institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan dari karya yang diterbitkan sebelumnya.