PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT YUDHA SWALAYAN JAKARTA

  • Aan Rahman (1) Administrasi Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Analisis Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Pelayanan Customer

Abstract

Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya swalayan – swalayan, maka persaingan semakin ketat saat ini membuat pengusaha di bidang pengadaan kebutuhan sehari – hari juga harus memiliki pelayanan efektif, sehingga memberikan kepuasaan terhadap para konsumennya. Dengan adanya pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan akan menciptakan kepuasan bagi para konsumen, oleh karena itu suatu perusahaan harus memiliki strategi yang khusus untuk mengelola jasa dengan baik. Strategi yang dimaksud mengenai hal apa yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, hal ini berkaitan dengan pelayanan dimana pelayanan merupakan aspek terpenting untuk mencapai kepuasan konsumen.Berhasil atau tidaknya perusahaan swalayan dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya tergantung pada pelayanannya. Pelayan berperan sangat penting, apakah pelanggan telah puas atau tidak puas dengan pelayanan yang diberikan rumah makan, seperti dalam keramahan, kehandalan, kecepatan dan pemberian informasi yang lengkap dan tepat, dengan dipenuhinya hal ini maka ketidak puasaan yang dikeluhkan pelanggan tidak perlu terjadi terhadap kepuasaan pelanggan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner sedangkan variable yang menjadi penelitian ini adalah variable bebas yaitu pelayanan (X) dan variable tak bebas adalah kepuasaan konsumen (Y). Hasil penelitian terdapat hubungan yang kuat antara pelayanan dan kepuasaan konsumen, berdasarkan perhitungan determinasi yang penulis teliti, yang menghasilkan nilai sebesar 58.85% yang menunjukan bahwa pengaruh pelayanan terhadap kepuasaan konsumen dan selebihnya sebesar 41.17% yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti harga, lokasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-15
How to Cite
[1]
A. Rahman, “PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT YUDHA SWALAYAN JAKARTA”, jitk, vol. 4, no. 2, pp. 257-264, Feb. 2019.
Article Metrics

Abstract viewed = 3079 times
PDF downloaded = 2840 times