RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH BERBASIS WEB PADA SMP PLUS AL-IJTIHAD 2 KUTABARU TANGERANG

  • Riki Riki (1*) Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta
  • Ani Oktarini Sari (2) Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta
  • Karlena Indriani (3) Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Information System, Academic Information System of Schools, Waterfall Model

Abstract

Penggunaan teknologi sistem informasi  menjadi sangat berguna dalam aliran informasi yang akurat, terpercaya, cepat, relevan dan detail. Pemanfaatan teknologi sistem informasi semakin memudahkan manusia dalam mendapatkan, mengelola informasi dan data, dan penyimpanan data dan inforamsi. Sistem informasi akademik merupakan salah satu jenis dari sistem informasi yang dibuat untuk menangani hal-hal yang berkaitan dengan akademis. Sistem berjalan di SMP PLUS AL-IJTIHAD 2 KUTABARU Tangerang masih menggunakan sistem manual dalam pengolahan data akademik. Dan penyampaian informasi akademik masih menggunakan papan pengumuman di sekolah. Hal ini kurang efektif karena siswa dan guru hanya bisa melakukan interaksi akademik di sekolah. Untuk itu perlu adanya sebuah sistem informasi akademik sekolah berbasis website. Dalam rancang bangun sistem informasi akademik sekolah  berbasis website ini menggunakan metode pengembangan sistem yaitu Waterfall. Pembuatan websitenya, menggunakan bahasa script PHP dan HTML dan MYSQL sebagai databasenya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, S. H., Izzuddin, A., & Marzuki, I. (2015). Sistem Informasi Pelayanan Akademik Berbasis SMS Gateway Menggunakan PHP Framework Codeigniter. Energy, 5(1), 20–23.

Djaelangkara, R. T., Sengkey, R., & Lantang, O. A. (2015). Perancangan Sistem Informasi Akademik Sekolah Berbasis Web Studi Kasus Sekolah Menengah Atas Kristen 1 Tomohon. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 4(3), 86–94.

Fathansyah. (2015). BASIS DATA. Bandung: Informatika Bandung.

Fatta, H. Al, & Marco, R. (2015). Analisis Pengembangan Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Smart Berbasis Cloud Computing Pada Sekolah Menengah Umum Negeri (Smun) Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Telematika, 8(2).

Hidayatun, N., Herlawati, & Frieyadie. (2013). Aplikasi Web Untuk Sistem Informasi Akademik Sma Negeri 33 Jakarta. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 9(2).

Riki, Sari, A. O., & Indriani, K. (2017). Laporan Akhir Penelitian. Jakarta.

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Published
2018-08-15
How to Cite
[1]
R. Riki, A. Sari, and K. Indriani, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH BERBASIS WEB PADA SMP PLUS AL-IJTIHAD 2 KUTABARU TANGERANG”, jitk, vol. 4, no. 1, pp. 17-22, Aug. 2018.
Article Metrics

Abstract viewed = 949 times
PDF downloaded = 720 times