RANCANG BANGUN APLIKASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS WEBSITE

  • Dewi Ayu Wulandari (1*) Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ani Oktarini Sari (2) Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Astrilyana Astrilyana (3) Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Library School Application, Information System Library, Waterfall Model

Abstract

Penggunaan teknologi sistem informasi memudahkan manusia untuk memperoleh, mengelola informasi dan data, dan menyimpan data dan informasi. Sistem Informasi Perpustakaan di MA AL-MUDDATSIRIYAH masih menggunakan sistem manual, mulai dari pencatatan data anggota yang meminjam buku, pencatatan data buku, hingga pembuatan laporan, ini dapat memungkinkan selama proses ada kesalahan dalam pencatatan, laporan yang tidak akurat dibuat dan keterlambatan dalam mencari data yang dibutuhkan. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah pembuatan aplikasi perpustakaan berbasis website yang dapat digunakan untuk mempermudah proses dalam pengelolaan data di Perpustakaan MA AL-MUDDATSIRIYAH. Dalam membuat sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan situs web ini, metode pengembangan sistem adalah Waterfall. Pembuatan situs web, menggunakan bahasa skrip PHP dan HTML dan MySQL sebagai databasenya. Hasil dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi perpustakaan berbasis situs web, yang akan membantu petugas dalam mengelola data perpustakaan dan memfasilitasi pencarian data buku, data anggota dan meminjam dan mengembalikan buku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abednego, Dewi, L. P., & Wibowo, A. (2017). Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web pada SMP YBPK 1 Surabaya. Jurnal Infra, Vol 5 No 1, 199–204.

Aryanto, A., & Irianto, T. (2013). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Smp Muhammadiyah 7 Surakarta. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, Vol 5 No 1, 15–20.

Dari, D. W., Sari, A. O., & Astrilyana, A. (2018). Laporan Akhir Penelitian. Jakarta.

Firdaus, R., Sakethi, D., & Rosman, F. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web. Jurnal Komputasi, 3, 85–94.

Maryono, Y., & Darwati, I. (2017). PERANCANGAN WEB PERPUSTAKAAN PADA SMP TARUNA BHAKTI DEPOK. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 239–244. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/501

Nugraha, F. (2014). ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN. Jurnal SIMETRIS, Vol 5 No 1, 27–32.

Saputra, P. A., & Nugroho, A. (2017). PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SURVEI KEPUASAN PENGUNJUNG BERBASIS WEB DI PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA SALATIGA. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, Volume 15, 63–71.

Susliansyah, S. (2015). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN METODE RATIONAL UNIFIED PROCESS. Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 398–INF.403. Retrieved from http://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/sniptek/article/view/388

Yusri. (2015). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Web Pada SMP Frater Makasar. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 70–73.
Published
2019-02-15
How to Cite
[1]
D. Wulandari, A. Sari, and A. Astrilyana, “RANCANG BANGUN APLIKASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS WEBSITE”, jitk, vol. 4, no. 2, pp. 163-168, Feb. 2019.
Article Metrics

Abstract viewed = 6777 times
PDF downloaded = 6409 times