PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PERSEPSI ATAS GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI SMK SWASTA TANGERANG SELATAN

  • Anggraini Anggraini (1*) Manajemen Informatika AMIK BSI Bogor
  • Mulyadi Mulyadi (2) Manajemen Informatika AMIK BSI Tasikmalaya

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Pendidikan Orang Tua, Kemampuan Bahasa Inggris, Speaking Skill

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa SMK di Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Sampel dari 72 siswa dipilih secara acak dengan teknik acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Uji statistik menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan orang tua siswa secara simultan dari Bahasa Inggris Kelas XI. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fo = 28,204 dan Sig. 0,000 <0,05. Kontribusi yang diberikan bersama variabel latar belakang pendidikan orang tua siswa memberikan kontribusi 45% terhadap variabel kemampuan berbahasa Inggris. (2) Ada pengaruh signifikan orang tua terhadap kemampuan siswa kelas bahasa Inggris kelas XI SMA Negeri di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung = 2,48 dan Sig. 0,016 <0,05. Variabel latar belakang pendidikan orang tua dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebesar 13,056%. (3) Ada pengaruh yang signifika terhadap kemampuan berbahasa Inggris. Siswa kelas XI SMK di Tangerang Selatan. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung = 4,881 dan Sig. 0,000 <0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini & Mulyadi. (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Bogor: AMIK BSI Bogor

Adnyani, I. K. (2016). Motivasi dan sikap bahasa mahasiswa jurusan pendidikan bahas Inggris Undiksha. Research Gate , 2303-288x.

Arikunto, S. (1997). prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka cipta.

Arung, F. (2016). improving student's speaking skill through debate technique. journal of English Education, 2502-6909.

cowan, p. a. (2011). parenting and the child's world influences on academic, intellectual, and social-emotional development. research gate.

Harliana, S. (2014). Problem of teaching speaking for private SMA in Malang, Research gate journal.

Lee, J. (2011). The effect of parent's academic background on children's academic achievement. Research gate .

Margono. (2003). metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Tineka cipta.

Saputra, J. B. (2015). communicative language teaching: changing students' speaking skill. premise Journal, 2442-482x.

Setyo, a. (2014). jurnal ilmiah pendidikan bimbingan konseling.

Sugiono. (2002). statistik untuk penelitian. Bandung: cv Alfabeta.

Winarno, S. (1982). pengantar penelitian ilmiah. Bandung: Tarsito.
Published
2018-02-15
How to Cite
[1]
A. Anggraini and M. Mulyadi, “PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA DAN PERSEPSI ATAS GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI SMK SWASTA TANGERANG SELATAN”, jitk, vol. 3, no. 2, pp. 153-158, Feb. 2018.
Article Metrics

Abstract viewed = 230 times
PDF downloaded = 321 times