PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN BUKALAPAK.COM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0

  • Deva Nur Fauziah (1*) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Dewi Ayu Nur Wulandari (2) Komputerisasi Akuntansi AMIK BSI Karawang

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Website Quality, Webqual 4.0, SPSS, Multiple Linear Regression

Abstract

Pertumbuhan teknologi baru memotivasi beberapa pemasaran yang dilakukan secara online. Faktor pendukung e-commerce salah satunya adalah website. Konsumen pada e-commerce berinteraksi dengan perusahaan menggunakan website. Salah satunya adalah website bukalapak.com yang merupakan situs penyedia tempat jual-beli online. Berdasarkan metode webqual 4.0 yang terdiri dari 3 variabel yaitu kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi terhadap kepuasan konsumen. Data yang digunakan adalah data primer, yaitu dengan menyebar kuesioner menggunakan skala likert dengan 23 pertanyaan kepada 34 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah incidental sampling. Data yang diperoleh dan diolah menggunakan SPSS dan dengan menggunakan teknik analisis Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen website bukalapak. Berdasarkan variabel webqual 4.0, Hasil analisis baik secara parsial maupun simultan dimensi kualitas website bukalapak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada website bukalapak.com.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, N. (2016). Kualitas Layanan Website E-Commerce Lazada.co.id Menggunakan Teknik Pengkuruan WebQual. Information System For Eductors And Professionals, 42-54.

Ghazali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasanah, J. U., Kertahadi, & Riyadi. (2014). Pengaruh Kegunaan, Kualitas Informasi dan Kualitas Interaksi Layanan Web E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1-10.

Jonathan, S. (2012). Metode Riset Skripsi: Pendekata Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nazir, M. (2009). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Priyatno, D. (2009). 5 Jam Belajar Olah Data Dengan SPSS 17. Yogyakarta: Andi.

Priyatno, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi.

Sanjaya, I. (2012). Pengukuran Kualitas Layanan Website Kementrian Kominfo Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Penelitian IPTEK-KOM, 1-14.

Sarjono, H., & Julianita, W. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust Dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 55–61. https://doi.org/10.9744/PEMASARAN.8.2.55-61

Suhari, Y. (2011). Kepercayaan Terhadap Internet Serta Pengaruhnya Pada Pencarian Informasi Dan Keingingan Membeli Secara Online. Jurnal Dinamika Informatika, 3(1). Retrieved from http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti2/article/view/909

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, H. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2018-02-15
How to Cite
[1]
D. Fauziah and D. Wulandari, “PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN BUKALAPAK.COM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0”, jitk, vol. 3, no. 2, pp. 173-180, Feb. 2018.
Article Metrics

Abstract viewed = 8538 times
PDF downloaded = 7854 times