PEMBERIAN REWARD BERDASARKAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE AHP PADA PT. ANUGERAH PROTECINDO

  • Rizky Multi Amalia (1*) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Dwi Yuni Utami (2) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta

  • (*) Corresponding Author

Abstract

Penilaian kinerja karyawan PT. Anugerah Protecindo bertujuan untuk memotivasi individu karyawan dan sebagai penentu dalam pemberian rewardkaryawan namun selama ini belum optimal dikarenakan adanya kecendrungan terpusat pada penilaian kinerja yang menyebabkan penilaian menjadi tidak objektif serta belum ada pembobotan pada kriteria penilaian sehingga belum diketahui kriteria mana yang paling mempengaruhi kinerja karyawan. Penentuan karyawan terbaik dilakukan tidak hanya dengan cara penunjukan langsung oleh pimpinan atau manajer, akan tetapi sebuah perusahaan harus melakukan penilaian kinerja yang telah dilakukan oleh karyawannya dalam jangka waktu tertentu, dan tentunya akan ada sebuah reward atas keberhasilan yang telah dicapai oleh karyawannya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bobot kriteria kinerja karyawan berdasarkan kompetensi dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penilaian menggunakan 4 (empat) bobot kriteria yaitu motivasi, kompetensi, keterampilan dan sikap. Sistem pemberian reward karyawan ditentukan dengan menggunakan metode pembagian laba berdasarkan prosentase kenaikan penilaian kinerja yang dicapai oleh masing-masing karyawan. Prosentase kenaikan penilaian kinerja dari standar yang ditetapkan akan dibandingkan dengan total prosentase kenaikan penilaian kinerja seluruh karyawan. Sehingga akan didapatkan sebuah nilai akhir yang akan dikalikan dengan dana yang dialokasikan untuk reward. Hasil perhitungan yang diperoleh menunjukkan semakin tinggi penilaian kinerja karyawan, maka karyawan akan memperoleh reward yang semakin besar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta : Andi.

Pratiwi, H. (2014). Sistem Pendukung keputusan Penentuan Karyawan Berprestasi Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 5(2), 95-101.

Rivai, V. & Sagala, E.J. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta : PT. Rajagravindo Persada.

Saefudin, S., & Wahyuningsih, S. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada RSUD Serang. JSiI (Journal Sistem Informasi), 1.

Seprini & Hadi, A. (2015). Dampak Mutasi Dan Promosi Terhadap Prestasi Kerja Guru Sma Negeri 2 Rambah Hilir. Jurnal Cano Ekonomos, 3(2), 99-116.

Sonatha, Y., & Azmi, M. (2010). Penerapan Metode AHP Dalam Menentukan Mahasiswa Berprestasi The Implementation Of AHP’s Method To Determine Student’s Achievements.(The Implementation of AHP’s Method to Determine Student’s Achievements). Poli Rekayasa, 5(2), 128-136.

Utomo, J. S., Santoso, P. B., & Yuniarti, R. (2015). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Berbasis 360 Degree Feedback Dan Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus di PT. X). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Industri, 3(1), p110-120.

Yuliani, I. D. A. E. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode Analytical Hierarchy Process. SISFOTENIKA, 3(2).
Published
2018-02-15
How to Cite
[1]
R. Amalia and D. Utami, “PEMBERIAN REWARD BERDASARKAN PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE AHP PADA PT. ANUGERAH PROTECINDO”, jitk, vol. 3, no. 2, pp. 181-188, Feb. 2018.
Article Metrics

Abstract viewed = 3427 times
PDF downloaded = 3370 times