PERANCANGAN ANIMASI INTERAKTIF PENGENALAN BAHASA SUNDA UNTUK ANAK – ANAK METODE ADDIE
Keywords:
Interactive Animation, ADDIE, SundaneseAbstract
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, diperlukan juga inovasi dan peningkatan kualitas dalam metode pembelajaran di seluruh institusi pendidikan. Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui sarana multimedia berupa animasi interaktif dirasa efektif untuk meningkatkan minat belajar anak – anak dalam berbahasa daerah Sunda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan dan mengetahui persepsi siswa terhadap pengembangan aplikasi animasi interaktif pembelajaran bahasa Sunda sebagai penunjang. Menggunakan jenis research and development dengan model ADDIE. Perhitungan kelayakan aplikasi untuk menghasilkan animasi yang interaktif yang sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan dalam mengenal bahasa Sunda mulai dari anggota tubuh, keluarga, benda terdekat, dan quiz sebagai evaluasi pemahaman pembelajaran. Dengan adanya animasi ini dapat memberikan kemudahan dalam mempelajari bahasa Sunda dikalangan siswa sekolah dasar. Adapun nilai rata-ratanya sebesar 82.6%. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi animasi interaktif yang dihasilkan sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran bahasa Sunda
Downloads
References
Anwar, S,. Schadaw, F., E., & Althafani. (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta: AMIK BSI Jakarta
Akmaludin. (2013). Analisis Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Anantomi Otak Manusia Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Techno Nusa Mandiri, Vol X, No 2, pp. 1-11.
Arikunto, & Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ariyati, S., & Misriati, T. (2016, September). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Asmaul Husna. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI, Vol 1 No.1, pp. 116-121.
Chrystanti, Y. C., & Sukadi . (2015). Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas Putra Sumberharjo, Journal Speed, Vo l7, No 3, 23-29. Retrieved November 2, 2018. from
http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1203/1191
Haryoko, T., & Purnama, B. E. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Aksara Jawa pada Sekolah Dasar Negeri 2 Gunan Wonogiri Kelas VI. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 4(1), 59-65.
Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidag Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Molenda, M. (2003, June). In Search of the Elusive ADDIE Model. Indiana University, [Online]. Retrieved November 2, 2017, from http://www.comp.dit.ie/dgordon/Courses/ILT/ILT0004/InSearchofElusiveADDIE.pdf
Sari, L. K., & Sasongko, D. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II, Seruni, Vol 2, No 1, 23-27. Retrieved November 2, 2017, from
http://ijns.org/journal/index.php/seruni/article/view/583
Setiasih, W. A., & Hakim, D. K. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Guna Peningkatan Prestasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sumbang. JUITA (Jurnal Informatika), 2(1).
Sulistiana, I. (2014, April 23). Bahasa Daerah Terancam Punah, Mengapa? : Suatu Tinjauan Sosiologis, (online), (https://www.kompasiana.com/is13/bahasa-daerah-terancam-punah-mengapa-suatu-tinjauan-sosiologis_54f77fc4a33311e1738b45bb, diakses 03 Januari 2018).
Wijayanto, R. (2014, Maret). Perancangan Animasi Interaktif Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Kelas 2 Pada Mi Nurul Falah Ciater. Evolusi, II(1), 1-11: Retrieved Desember 2, 2017, from http://lppm3.bsi.ac.id/jurnal/index.php/evo/article/viewFile/183/116