MENGENAL WARNA, ANGKA, HURUF DAN BENTUK PADA ANAK USIA DINI MELALUI ANIMASI INTERAKTIF
Abstract
Lima tahun pertama pada anak merupakan usia yang sangat penting untuk perkembangannya. Pendidikan dalam mengenal warna, angka, huruf dan bentuk sebagai awal pembelajaran untuk lebih mengenal benda atau sesuatu yang berada di sekitarnya. Anak kurang memahami pengenalan sesuatu di lingkungan sekitarnya dikarenakan apa yang diajarkan kurang menarik sehingga rasa ingin tahu anak berkurang. Penelitian ini dibuat dalam bentuk sebuah aplikasi berbasis multimedia dengan metode waterfall sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk membantu pembelajaran dalam memudahkan anak mengenal warna, angka, huruf dan bentuk sehingga anak tidak cepat merasa jenuh dan bosan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Chrystanti & Sukadi. (2012). Pembangunan Media Pembelajaran Pengenalan Huruf dan Angka untuk Taman Kanak – kanak. Journal Speed, 7(1). Retrieved from http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1203/1191
Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Harsan, A. (2011). Jago Bikin Game Online. Jakarta: Mediakita.
Purwaningsih, E. (2006). Permainan Tradisional Anak: Salah Satu Khasanah Budaya Yang Perlu Dilestarikan. Jantra, 1(1), 40–46. Retrieved from https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbyogyakarta/wp-content/uploads/sites/24/2014/06/Jantra_Vol._I_No._1_Juni_2006.pdf#page=44
Purwaningsih, E. (2017). Laporan Akhir Penelitian Dosen Yayasan. Tangerang: AMIK BSI Tangerang
Puspitasari, H. (2011). Animasi Grafis Dengan Adobe Flash Pro CS5 Tingkat Lanjut. Yogyakarta: PT. Skripta Media Creative.
Syafti, W. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kata Di Pendidikan Anak Usia Dini Agam. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 12(3). Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/view/1599/1380