PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TINGKAT PRESTASI SISWA SMPN SATU ATAP PAKISJAYA KARAWANG

  • Nurmalasari Nurmalasari (1*) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Devi Wulandari (2) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: nfluence, Gadget, Achievement Level, T Test Calculation.

Abstract

Gadget adalah alat elektronik yang mudah di bawa kemana saja untuk keperluan komunikasi ataupun mengetahui informasi. Pada saat ini gadget  sudah lebih berkembang yang awalnya hanya dapat melakukan komunikasi sampai sekarang  sudah  bisa melakukan  apapun  yang  orang  diinginkan  sehingga gadget di gunakan oleh banyak orang tua ataupun muda. Gadget dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi dan ketergantungan pada siswa sekolah manapun, salah satunya adalah siswa-siswi SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gadget terhadap prestasi siswa, mengetahui tingkat konsentrasi belajar, ketergantungan akibat penggunaan gadget, dan mengetahui penyebab dari penggunaan gadget terhadap prestasi siswa. Penelitian ini bersifat survey analitik dengan pendekatan Crossectional, sampel diambildengan teknik sampling purposive yaitu sebanyak 30 responden. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan  lembar observasi. Uji statistic menggunakan R-Square pada perhitungan koefisien determinai dengan nilai 0.055 ini didapat dari x2 yaitu ketergantungan terhadap nilai atau tingkat prestasi siswa dengan presentase sebesar 5,5% maka dapat diprediksikan bahwa nilai signifikan untuk ketergantungan yaitu 0,213 > 0,05 artinya variabel ketergantungan berpengaruh terhadap nilai prestasi siswa. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi belajar siswa di SMPN Satu Atap Pakisjaya Karawang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harfiyanto, D., Cahyo, B. U., & Tjaturahono, B. (2015). Pola Interaksi Sosial Siswa Pengguna Gadget di SMA N 1 Semarang. Journal of Educational Social Studies, 4(1).

Hasanah, N., & Kumalasari, D. (2015). Penggunaan Handphone Dan Hubungan Teman Pada Perilaku Sosial Siswa Smp Muhammadiyah Luwuk Sulawesi Tengah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 55–70. https://doi.org/10.21831/HSJPI.V2I1.4613

Hidayat, A. R., & Junianto, E. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya Dengan Metode TAM | Hidayat | Jurnal Informatika. Jurnal Informatika, 4(2), 163–173. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji/article/view/2096

Manumpil, B., Ismanto, A. Y., & Onibala, F. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. JURNAL KEPERAWATAN, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/7646

Mujib, M. (2013). Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kota Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Retrieved from http://digilib.uin-suka.ac.id/11728/1/BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Priatno, P., & Marantika, D. (2017). Analisa Penerimaan Teknologi Informasi Terhadap Prestasi Anak Menggunakan Metode Technology Acceptance Model. In Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi 2017 (pp. 584–589). Bandung: LPPM Univesitas BSI Bandung. Retrieved from http://seminar.bsi.ac.id/knist/index.php/knist/article/view/601

Santoso, S. (2013). Menguasai SPSS 21 di Era Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Saroinsong, W. P. (2016). Gadget Usage Inhibited Interpersonal Intelligence Of Children On Ages 6-8 Years Old. Jurnal Tekpen, 1(4). Retrieved From Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jtp/Article/View/1138

Sawono, J. (2013). Model-Model Linier Dan Non-Linier Dalam Ibm Spss 21 (Indonesian Edition). Jakarta: Elex Media Komputindo.
Published
2018-02-15
How to Cite
[1]
N. Nurmalasari and D. Wulandari, “PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP TINGKAT PRESTASI SISWA SMPN SATU ATAP PAKISJAYA KARAWANG”, jitk, vol. 3, no. 2, pp. 211-218, Feb. 2018.
Article Metrics

Abstract viewed = 5186 times
PDF downloaded = 5726 times