PEMBUATAN ALAT GARASI MOBIL AUTOMATIC BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16

  • Andi Rosano (1*) Teknik Komputer AMIK BSI Jakarta
  • Yunita Yunita (2) Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta
  • Mugi Raharjo (3) Teknik Komputer AMIK BSI Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Circuit, Controller, Microcontroller, Electricity, Menutup Garasi Mobil

Abstract

Saat ini dunia semakin berkembang dan maju di bebagai bidang. Pekembangan bidang teknologi dan Komputerisasi ataupun Semikomputerisasi pada dunia usaha sangat beragam adanya, dengan menggunakan system komputerisasi yang mempermudah manusia mengakomodir semua aktifitas dalam kehidupan sehari-hari.  Perkembangan system tersebut, mencakup juga teknologi penyediaan system yang bekerja secara otomatis untuk menghemat waktu dan tenaga, salah satunya perkembangan teknologi adalah “Grasi Otomatis Sensor Foto Dioda Berbasis Mikrokontroler”. Masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kendaraan yang akan memasukkan kendaraan kedalam Garasi adalah perlunya bantuan dari orang lain untuk membukan dan menutup Garasi, jika tidak ada yang membantu maka pemilik kendaraan butuh waktu untuk turun terlebih dahulu dan membuka Garasi sendiri, hal tersebut jelas membutuhkan waktu dan tenaga untuk membuka dan menutup garasi mobil. Dengan adanya permasalahan diatas pada penelitian ini penulis mempunyai tujuan untuk menciptakan inovasi dengan menciptakan alat untuk membuka dan menutup Garasi mobil otomatis. Dalam aplikasinya alat ini berfungsi sebagai garasi (Tempat Kendaraan) otomatis yang bisa membuka secara otomatis saat ketika kendaraan berada di depan garasi dan menutup secara otomatis juga saat beberapa meter kendaraan sudah keluar dari garasi dan pada gari juga ada lampu indicator yang menandakan ada tidak kendaaran didalam garasi.  Kelebihan alat ini adalah driver tidak perlu lagi turun untuk membuka garasi saat inggin memasukan kendaraan dan mengeluarkan kendaraanya secara otomatis garasi ini akan terbuka dan menutup sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhi, S., Sutiksno, H., & Tjandra, S. (2017). Webserver dalam Embedded System pada Aplikasi Home Automation. Seminar dan Konfarensi Nasional IDEC 2017 Surakarta, Mei 2017. ISSN:2579-6429.

Abimanyu, A., (2014, Mei). Pengujian Modul Monitor Radiasi Pada Sistem Pemantauan Pengangkutan Zat Radioaktif. JNTETI, Vol 3, No. 2.

Al Chusni, F. H., & Sukardiyono, T. (2016). Prototype Sistem Kontrol Pintu Garasi Menggunakan SMS. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(6), 20-28.

Rosano, A., Yunita & Raharjo, M. (2016). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta: AMIK BSI Jakarta

Wibowo, S,, H. (2014, November). Simulasi Pengontrolan Pintu Garasi Otomatis. Jurnal INTEKNA, Tahun XIV, No. 2.

Vrileuis, A. (2013, April). Pemantau Lalu lintas dengan Sensor LDR Berbasis Mikrokontroler Atmega16. Jurnal Rekayasa Elektrika Vol 10, No. 3.
Published
2018-02-15
How to Cite
[1]
A. Rosano, Y. Yunita, and M. Raharjo, “PEMBUATAN ALAT GARASI MOBIL AUTOMATIC BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 16”, jitk, vol. 3, no. 2, pp. 267-274, Feb. 2018.
Article Metrics

Abstract viewed = 330 times
PDF downloaded = 414 times