ANALISIS KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA AGROFORESTRY REPONG DAMAR DI KRUI LAMPUNG PESISIR BARAT

  • Fahrizal Fahrizal (1*) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Knowledge Management, Knowledge Management Solution, Agroforestry Repong Damar

Abstract

Agroforestry Repong Damar merupakan kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Lampung Pesisir Barat yang semakin berkurang keberadaannya. Untuk itu perlu dilakukan kegiatan pendokumentasian, penyimpanan dan berbagi knowledge pada masyarakat  Agroforestry Repong Damar guna mempertahankan dan mendokumentasikan knowledge yang ada  sekaligus meningkatkan sumber daya manusianya. Kegiatan tersebut perlu dikelola dan dirancang agar terbentuk solusi  knowledge  management  yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Solusi  knowledge  management  tersebut didukung dengan dibuatnya knowledge  management system yang akan digunakan organisasi tersebut. Untuk mencari solusi  knowledge management menggunakan analisis faktor kontingensi dan menggunakan metode studi literature untuk mencari  knowledge  management tools sebagai prototype  knowledge  management system. Metode-metode tersebut digunakan untuk mengetahui knowledge  management  apa saja yang dapat diterapkan pada organisasi masyarakat  Agroforestry Repong Damar serta prototype knowledge  management system yang akan mendukung proses-proses  knowledge  management  yang diidentifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman, C., Massie, J., & Wullur, M. (2015). Identifikasi Desain Jaringan Manajemen Rantai Pasok Kopra Di Kota Manado (Studi di Kelurahan Bengkol dan Kelurahan Tongkaina). JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 3(2).

Makmur, E., Imron, Ali., & Maskun (2013). Repong Damar Bagi Masyarakat Pesisir di Kecamatan Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat. Bandar Lampung: FKIP Universitas Lampung

Fahrizal. (2017). Laporan Penelitian Mandiri. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Fernandez, B. (2004). Knowledge Management: Challenges, Solutions and Technologies. Prentice Hall.

Herawati, Tuti (2012). Perjalanan multiabad repong damar: kajian aspek tata guna lahan. Lampung: Puslitbang Peningkatan Produktivitas Hutan-Badan. Litbang Kementerian Kehutanan.

Kolbinur, I., & Hutagalung, S. S. (2016). Analisis Kebijakan Pelestarian Damar Di Kabupaten Pesisir Barat (Studi Terhadap Agenda Setting Damar Sebagai Usaha Perlindungan Dan Peningkatan Kesejahteraan Petani Damar). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik dan Pembangunan, 7(1), 27-34.
Published
2017-08-15
How to Cite
[1]
F. Fahrizal, “ANALISIS KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA AGROFORESTRY REPONG DAMAR DI KRUI LAMPUNG PESISIR BARAT”, jitk, vol. 3, no. 1, pp. 111-120, Aug. 2017.
Article Metrics

Abstract viewed = 296 times
PDF downloaded = 366 times