MEDIA PENGENALAN BARONG BANGKUNG NGELAWANG DENGAN GAME 3D BARONG BANGKUNG RUNNER BERBASIS ANDROID

  • I Gede Suardika (1) Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I.G.P Ditha Satria Dana (2*) Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I.G.N Wikranta Arsa (3) Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Game, Barong Bangkung, Android, Unity 3D, GDLC

Abstract

Barong Bangkung adalah sebuah tradisi di Bali yang dipentaskan dengan berkeliling desa atau istilahnya (ngelawang) oleh dua orang penari pada hari-hari tertentu yang dianggap keramat atau saat terjadinya wabah penyakit menyerang desa tanpa membawakan sebuah lakon dan diiringi dengan gamelan batel atau tetamburan. Perkembangan Barong ngelawang kini mengalami perubahan. Semula Barong ngelawang yang sakral, tetapi dalam perkembangannya muncul kegiatan Barong ngelawang yang dilakukan anak-anak untuk menghibur dan mencari uang. Maka diperlukan untuk membuat sebuah media yang dapat mengenalkan tradisi barong bangkung ngelawang sesuai dengan tradisi aslinya yang religius. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperkenalkan tradisi asli dari Barong Bangkung ngelawang dalam bentuk sebuah game 3D berbasis Android. Dalam membangun Game 3D Barong Bangkung Runner Berbasis Android menggunakan metode pengembangan GDLC (Game Development Life Cycle) dengan bantuan perangkat lunak Unity 3D Game Engine dengan menggunakan bahasa pemrograman C# (C-Sharp)., Blender, Adobe Photoshop, dan Audition. Bahasa pemodelan yang digunakan adalah  UML (Unified Modelling Language). Hasil dari penelitian ini berhasil menghasilkan Game 3D Barong Bangkung Runner Berbasis Android. Pengujian Game ini menggunakan metode Black Box dan hasilnya game dapat berjalan baik pada perangkat dengan RAM 3GB ke atas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blackman. (2011). Beginning 3D Game Development with Unity. Apress.

Ditha Satria Dana, I. G., Suardika, I. G., & Wikranta Arsa, I. G. (2018). Rancang Bangun Game 3D Barong Bangkung Runner Berbasis Android. Skripsi tidak diterbitkan, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali, Denpasar.

KA., A. (2012, April). Barong Bangkung "Kesenian Bali dulu dan kini". Kemadha, III, 26-33.

Karyambara Putra, I. (2018). The Past and present; story of Barong Bangkung. Bali Tourism Journal (BTJ), 2(1), 19-22.

Pasek Suartiawan, I. W., Suryanatha, T. B., & Sagung Intan Pradnyanita, A. A. (2016, April 1). Perancangan Media Komunikasi Visual Untuk Menumbuhkan Budaya Ngelawang Bagi Anak-Anak Di Denpasar. Selaras Rupa, 1(1).

Ramadan, Y. W. (2013). Game Development Life Cycle Guidelines. International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems.

Suarsini, N. (2018, Nopember). Tradisi Ngelawang pada Hari Raya Kuningan di Desa Pakraman Asak Pagutan: Sebuah Kajian Etnolinguistik. Jurnal Mabasindo, 2(2).

Sukerna, I. N., Wirawan, A. A., Kumbara, A. A., & Sukerta, P. M. (2016, 2). TRANSFORMATION OF TRADITION OF BARONG NGELAWANG IN TOURISM AREA OF UBUD, GIANYAR, BALI. E-Jurnal Kajian Budaya, 9. Retrieved from http://ojs.unud.ac.id/index.php/kajian/article/view/23255

T, C., & Begg. (2010). Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation and Management. Edisi Kelima. Massachusetts: Addison-Wesley.

Ully A, S. B. (2012). Pembuatan Aplikasi Tata Ruang Tiga Dimensi Gedung Serba Guna Menggunakan Teknologi Virtual Reality [Studi Kasus: Graha ITS Surabaya]. Jurnal Teknik ITS.

Published
2019-08-08
How to Cite
[1]
I. G. Suardika, I. Ditha Satria Dana, and I. Wikranta Arsa, “MEDIA PENGENALAN BARONG BANGKUNG NGELAWANG DENGAN GAME 3D BARONG BANGKUNG RUNNER BERBASIS ANDROID”, jitk, vol. 5, no. 1, pp. 119-126, Aug. 2019.
Article Metrics

Abstract viewed = 680 times
PDF downloaded = 605 times