PROTOTIPE SISTEM CRM BERBASIS E-COMMERCE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN DENGAN CODEIGNITER FRAMEWORK
Abstract
Persaingan di dunia bisnis saat ini semakin ketat apalagi dalam dunia internet yang terus berkembang. Dampak dari persaingan tersebut ialah pertumbuhan ekonomi semakin cepat. Oleh karena itu PT. Anugerah Mandiri memberikan informasi dan pelayanan yang baik bagi pelanggan dan masyarakat luas mengenai produk yang akan ditawarkan. Dalam hal ini agar para pelanggan bisa terjaga dan tidak berpindah ke produsen yang lain. Perusahaan ini sudah menjalankan bisnis yang bergerak dalam bidang penjualan barang dan jasa, namun masih ditemukan berbagai masalah, seperti pelanggan sulit memesan barang diluar jam kerja perusahaan karena keterbatasan perusahaan untuk melayani pelanggan secara real time 24 jam dalam sehari dan adanya jenis produk baru yang berbeda yang masih harus lebih diketahui oleh pelanggan. Oleh karena itu penerapan teknologi informasi sangatlah penting, seiring dengan perkembangan globalisasi, dunia perdagangan dan dunia bisnis yang juga ikut berkembang dengan munculnya model transaksi bisnis dengan teknologi tinggi. Maka muncul ide oleh peneliti untuk mengajukan Prototipe Sistem Customer Relationship Management Berbasis E-Commerce menggunakan Metode User Centered Design dengan Codeigniter Framework untuk Perusahaan. Alasan menggunakan CodeIgniter Framework lebih standar, pengorganisasian teratur, mudah dipelajari. Dengan dilakukannya penelitian tersebut, maka hasil model sistem CRM berbasis E-commerce yang dapat berpengaruh untuk memperoleh informasi yang diinginkan dengan cepat, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dapat diakses dimanapun dan kapanpun serta berkontribusi dengan baik bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional.
Downloads
References
Baird, C. H., & Parasnis, G. (2011). From social media to social customer relationship management. Strategy and Leadership. https://doi.org/10.1108/10878571111161507
Brown, C. H., Gould, D., & Foster, S. (2016). A Framework for Developing Contextual Intelligence (CI). The Sport Psychologist. https://doi.org/10.1123/tsp.19.1.51
Dijkman, R. M., Sprenkels, B., Peeters, T., & Janssen, A. (2015). Business models for the Internet of Things. International Journal of Information Management. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2015.07.008
E-Commerce and E-Business. (2012). In Information and Communication Technology in Organizations: Adoption, Implementation, Use and Effects. https://doi.org/10.4135/9781446211519.n8
Gebert, H., Geib, M., Kolbe, L., & Brenner, W. (2003). Knowledge-enabled customer relationship management: Integrating customer relationship management and knowledge management concepts[1]. Journal of Knowledge Management. https://doi.org/10.1108/13673270310505421
Kartikasari, D., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2013). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis.
Kusnandar, T. (2011a). PENERAPAN CRM DENGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK KEPUASAN PELANGGAN. JURNAL COMPUTECH & BISNIS, 5(1), 6–13.
Kusnandar, T. (2011b). PENERAPAN CRM DENGAN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB UNTUK KEPUASAN PELANGGAN. JURNAL COMPUTECH & BISNIS.
Lewis, P. J. (2008). Rich picture building in the soft systems methodology. European Journal of Information Systems. https://doi.org/10.1057/ejis.1992.7
Maryama, S. (2018). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Liquidity. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.132
Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan.
Supaartagorn, C. (2011). PHP Framework for Database Management Based on MVC Pattern. International Journal of Computer Science and Information Technology. https://doi.org/10.5121/ijcsit.2011.3219
Ulfah, F., & Rahardjo, S. T. (2013a). Analisis Pengaruh Implementasi Manajemen Kualitas. Diponegoro Journal of Management, 2(2), 164–178.
Ulfah, F., & Rahardjo, S. T. (2013b). Analisis Pengaruh Implementasi Manajemen Kualitas. Studi Manajemen Dan Organisasi.
Walch, R. E. (2009). Electronic commerce. In Key Aspects of German Business Law (Fourth Edition): A Practical Manual. https://doi.org/10.1007/978-3-540-68577-7_24