PENERAPAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTMIZATION UNTUK PREDIKSI HASIL LAYANAN KEMUDAHAN DONASI ZAKAT DAN PROGRAM

  • Nur Lutfiyana Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
Keywords: Ease Donation, C4.5, Particle Swarm Opimization, PSO, Data Mining

Abstract

Layanan Cashless adalah Layanan kemudahan donasi yang diberikan kepada donatur dengan menggunakan layanan donasi non tunai melalui perbankan atau channeling lainnya. Kemudahan adalah bagian dari komitmen layanan dari lembaga RZ sebagai sarana untuk donatur atau mitra yang ingin berdonasi. Upaya untuk mengembangkan organisasi ke arah yang lebih baik dalam meningkatkan kepuasan para donatur terhadap proses pelayanan yang diberikan merupakan suatu keharusan, oleh karena itu dibutuhkan pengenalan dalam prediksi terhadap transaksi donatur yang loyal dan tidak loyal, agar bisa diketahui akses kemudahan donasi yang telah di terapkan. Dengan demikian, peneliti menggunakan dua model perbandingan yaitu: model algoritma C4.5 dan model algoritma C4.5 berbasis Particle Swarm Optimization (PSO). Setelah dilakukan pengujian nilai akurasi yang di dapatkan untuk model algoritma klasifikasi C4.5 sebesar 83,91 % dan algoritma C4.5 berbasis PSO  (Particle  Swarm  Optimization)  menghasilkan  nilai  AUC 0.889  dari nilai akurasi algoritma klasifikasi C4.5 berbasis PSO, dengan  nilai diagnosa Good Classification.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprillisa, R., & Wirawan, A. R. (2013). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN TERHADAP DONATUR UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS DAN JUMLAH DONATUR VIHARA DHAMMADIPA SURABAYA. CALYPTRA, 2(1), 1–14. Retrieved from http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/120

Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 7(2).

Gorunescu, F. (2011). Data Mining Techniques and Models. Berlin, Heidelberg: Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-642-19721-5_5

Hermansyah, A. (2011). Strategi Pengembangan Donatur Pada Lembaga Amil Zakat Dengan Pendekatan Data Mining. Universitas Indonesia. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20172095-T28731-Strategi pengembangan.pdf

Lutfiyana, N. (2017). Laproan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.

Munir, M. (2005). Matra Dakwah Pengembangan Masyarakat, Pengembangan Sumber Daya Manusia (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Santosa, B., & Willy, P. (2011). Metoda Metaheuristik, Konsep dan Implementasinya (1st ed.). Surabaya: Guna Widya. Retrieved from http://gunawidya.com/metode-metaheuristik-konsep-dan-implementasi/

Sunjana. (2010). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (pp. 24–29). Yogyakarta: UII. Retrieved from http://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1857

Tsai, C.-F., & Chen, M.-Y. (2010). Variable selection by association rules for customer churn prediction of multimedia on demand. Expert Systems with Applications, 37(3), 2006–2015. https://doi.org/10.1016/J.ESWA.2009.06.076
Published
2018-03-15
How to Cite
Lutfiyana, N. (2018). PENERAPAN ALGORITMA C4.5 BERBASIS PARTICLE SWARM OPTMIZATION UNTUK PREDIKSI HASIL LAYANAN KEMUDAHAN DONASI ZAKAT DAN PROGRAM. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 103-110. https://doi.org/10.33480/pilar.v14i1.109