Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Layanan Cashless adalah Layanan kemudahan donasi yang diberikan kepada donatur dengan menggunakan layanan donasi non tunai melalui perbankan atau channeling lainnya. Kemudahan adalah bagian dari komitmen layanan dari lembaga RZ sebagai sarana untuk donatur atau mitra yang ingin berdonasi. Upaya untuk mengembangkan organisasi ke arah yang lebih baik dalam meningkatkan kepuasan para donatur terhadap proses pelayanan yang diberikan merupakan suatu keharusan, oleh karena itu dibutuhkan pengenalan dalam prediksi terhadap transaksi donatur yang loyal dan tidak loyal, agar bisa diketahui akses kemudahan donasi yang telah di terapkan. Dengan demikian, peneliti menggunakan dua model perbandingan yaitu: model algoritma C4.5 dan model algoritma C4.5 berbasis Particle Swarm Optimization (PSO). Setelah dilakukan pengujian nilai akurasi yang di dapatkan untuk model algoritma klasifikasi C4.5 sebesar 83,91 % dan algoritma C4.5 berbasis PSO (Particle Swarm Optimization) menghasilkan nilai AUC 0.889 dari nilai akurasi algoritma klasifikasi C4.5 berbasis PSO, dengan nilai diagnosa Good Classification.
Aprillisa, R., & Wirawan, A. R. (2013). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HUBUNGAN TERHADAP DONATUR UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS DAN JUMLAH DONATUR VIHARA DHAMMADIPA SURABAYA. CALYPTRA, 2(1), 1–14. Retrieved from http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/120
Aryani, D., & Rosinta, F. (2011). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. BISNIS & BIROKRASI: Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 7(2).
Gorunescu, F. (2011). Data Mining Techniques and Models. Berlin, Heidelberg: Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-642-19721-5_5
Hermansyah, A. (2011). Strategi Pengembangan Donatur Pada Lembaga Amil Zakat Dengan Pendekatan Data Mining. Universitas Indonesia. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20172095-T28731-Strategi pengembangan.pdf
Lutfiyana, N. (2017). Laproan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.
Munir, M. (2005). Matra Dakwah Pengembangan Masyarakat, Pengembangan Sumber Daya Manusia (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pesantren.
Santosa, B., & Willy, P. (2011). Metoda Metaheuristik, Konsep dan Implementasinya (1st ed.). Surabaya: Guna Widya. Retrieved from http://gunawidya.com/metode-metaheuristik-konsep-dan-implementasi/
Sunjana. (2010). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI) (pp. 24–29). Yogyakarta: UII. Retrieved from http://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1857
Tsai, C.-F., & Chen, M.-Y. (2010). Variable selection by association rules for customer churn prediction of multimedia on demand. Expert Systems with Applications, 37(3), 2006–2015. https://doi.org/10.1016/J.ESWA.2009.06.076
An author who publishes in the Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System agrees to the following terms:
Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.