RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PERSEDIAAN BARANG BERBASIS DEKSTOP DENGAN MODEL WATERFALL

  • Margareta Nawang (1*) Komputerisasi Akuntansi AMIK BSI Jakarta
  • Laela Kurniawati (2) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Dudi Duta (3) Komputerisasi Akuntansi AMIK BSI Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Waterfall Model, Sistem Informasi, Persediaan Barang

Abstract

Sistem persediaan barang adalah suatu sistem untuk mengelola persediaan barang di gudang. Sistem persediaan barang kini sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan berkembang pada umumnya, terutama dalam hal pengolahan data barang. Kampung Kemang adalah usaha dari perusahaan PT. Sakura Yasa Prima yang bergerak dibidang pejualan minuman di kota Jakarta dimana aktivitas kinerja yang baik dan efektif haruslah dijaga dan ditingkatkan. Seperti pengelolaan, pencarian, alur keluar masuknya barang, dan laporan data barang ketika dibutuhkan perusahaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, perusahaan memiliki keinginan untuk memanfaatkan teknologi informasi secara baik melalui pembangunan sistem persediaan barang, dikarenakan sistem kegiatan pengolah data barang di gudang saat ini belum dirasa maksimal oleh perusahaan. Sistem inventory menggunakan metode FIFO (First In First Out) untuk mengatur alur keluar masuknya barang di gudang. Metode aliran yang digunakan adalah UML (Unified Modeling Language). Bahasa pemrograman menggunakan PHP, dan database MySQL. Sistem dibangun dengan user friendly, sehingga sistem dilengkapi dengan Interface yang mmudah dipahami dan dibuat semenarik mungkin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faisal, R., Siregar, E. B. M., & Anna, N. (2013). Inventarisasi Gulma Pada Tegakan Tanaman Muda Eucalyptus spp.(Weed Inventory on stand of young Eucalyptus spp.). Peronema Forestry Science Journal, 2(2), 44-49.

Jacobson, I., Booch, G., & Rumbaugh, J. (1996). The Unified Modeling Language. University Video Communications.

Mukhlisin, S. W., Rachmat, H., & Mulyana, T. (2016). Perancangan Sistem Storage And Retrieval Machine Pada Simulasi Automated Storage And Retrieval System Dengan Memanfaatkan Robotino®. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 3(01), 27-32.

Munawaroh, S. (2006). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang. Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, 11(2).

Pressman, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi(Buku Dua). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ramdhany, T., & Kurnia, D. (2016). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Dagang Di Pt Dimarco Mitra Utama Cabang Bandung. Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 3(01), 19-26.

Rosa & Shalahuddin. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika

Sampeallo, Y. G. (2012). Analisis pengendalian persediaan pada UD Bintang Furniture Sangasanga. Jurnal eksis, 8(1), 2032-2035.

Sari, D. K., & Effendi, R. (2014). Peranan Sistem Informasi Akuntansi dalam Pengendalian Persediaan Barang Dagang pada CV. Graha Gallery Palembang.

Wibowo, R. A. (2009). Sistem Informasi Persediaan Keluar Masuk Barang Pada Inside Distro Jakarta. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 1(4).

Wijaya, A., Arifin, M., & Subiyanto, T. (2013). Rancang Bangun Sistem Informasi Perencanaan Persediaan Barang. Jurnal JSIKA, 2(1), 14-20.
Published
2017-09-15
How to Cite
Nawang, M., Kurniawati, L., & Duta, D. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PERSEDIAAN BARANG BERBASIS DEKSTOP DENGAN MODEL WATERFALL. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 233-238. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/246
Article Metrics

Abstract viewed = 10854 times
PDF downloaded = 9658 times