Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH UNTUK TETAP MENGGUNAKAN FASILITAS INTERNET BANKING PADA BANK CENTRAL ASIA
Keywords:
Pengaruh Nasabah, Fasilitas Internet Banking, Trust, Feature Avaibility, Value for Money
Abstract
Bank Central Asia (BCA) merupakan salah satu bank di Indonesia yang mengimplementasikan sistem internet banking pada layanan jasa perbankan dan dikenal dengan nama Klik BCA. Pelanggan yang ada merupakan aset berharga bagi penyedia layanan. Dari sudut pandang bank, memelihara dan mempertahankan basis pelanggan mereka yang telah ada selalu lebih menguntungkan daripada mencoba untuk mendapatkan pelanggan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi nasabah untuk tetap menggunakan internet banking pada Bank Central Asia. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 pengguna internet banking di kantor cabang utama Thamrin Jakarta. Variabel independen yang digunakan adalah kenyamanan, kepercayaan, ketersediaan fitur dan nilai uang, sementara variabel dependen adalah kelanjutan penggunaan internet banking. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan SPSS V.21 Hasil dari penelitian ini adalah semua variabel independen yaitu kenyamanan, kepercayaan, ketersediaan fitur, dan nilai uang berpengaruh secara signifikan positif terhadap variabel dependen kelanjutan penggunaan internet banking.Downloads
Download data is not yet available.
References
Adapa, S., & Cooksey, R. (2013). Factors affecting consumer's continued use of Internet banking: Empirical Evidence from Australia. Australasian Journal of Information Systems, 18(1).
Bank Indonesia. (2012). Mengenal Electronic Banking. Tersedia: http://www.bi.go.id/id/perbankan/edukasi/Documents/dc7234f4b0dc48de965532fb6400bc1fMengenalElectronicBanking.pdf
Irmadhani, I., & Nugroho, M., A. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Computer Self Efficacy, Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(3).
Pranidana, S. A. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bank BCA untuk Menggunakan Klik-BCA (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Zumar, D. (2013). Awareness & penetrasi mobile banking melonjak tinggi. Tersedia: http://www. marsindonesia. com/newsletter/awarenesspenetrasi-mobile-banking-melonjak-tinggi.
Bank Indonesia. (2012). Mengenal Electronic Banking. Tersedia: http://www.bi.go.id/id/perbankan/edukasi/Documents/dc7234f4b0dc48de965532fb6400bc1fMengenalElectronicBanking.pdf
Irmadhani, I., & Nugroho, M., A. (2012). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Computer Self Efficacy, Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(3).
Pranidana, S. A. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bank BCA untuk Menggunakan Klik-BCA (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).
Zumar, D. (2013). Awareness & penetrasi mobile banking melonjak tinggi. Tersedia: http://www. marsindonesia. com/newsletter/awarenesspenetrasi-mobile-banking-melonjak-tinggi.
Published
2017-09-15
How to Cite
Oktaviani, A., & Sarkawi, D. (2017). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH UNTUK TETAP MENGGUNAKAN FASILITAS INTERNET BANKING PADA BANK CENTRAL ASIA. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 267-274. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/249
Article Metrics
Abstract viewed = 241 times
PDF downloaded = 260 times
Abstract viewed = 241 times
PDF downloaded = 260 times
Section
Articles
Copyright (c) 2017 Anggi Oktaviani, Dahlia Sarkawi
An author who publishes in the Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/.