PENERAPAN SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA KEHAMILAN

  • Kresna Ramanda (1*) Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Forward Chaining, Penyakit Kehamilan, Sistem Pakar

Abstract

Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta dan tehnik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tertentu. Sistem pakar memberikan nilai tambah pada teknologi untuk membantu dalam menangani era informasi yang semakin canggih. Kehamilan adalah suatu fenomena fisiologis yang dimulai dengan pembuahan dan diakhiri dengan proses persalinan. Selama kehamilan, ibu dan janin adalah unit fungsi yang tak terpisahkan. Meskipun terlihat dengan kondisi kehamilan yang sehat bukan berarti ibu dan janin dalam keadaan baik – baik saja. Namun kurangnya informasi atau sosialisasi tentang penyakit kehamilan akan  menyebabkan mereka baru mengetahui adanya penyakit yang menyertai kehamilannya setelah stadium lanjut. Aplikasi Sistem Pakar ini menghasilkan keluaran berupa kemungkinan penyakit kehamilan yang diderita berdasarkan gejala yang dirasakan oleh user. Sistem ini menggunakan metode penelusuran kedepan (Forward Chaining) untuk menemukan solusi atau kemungkinan penyakit yang diderita oleh user.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arhami, muhammad. 2005. Konsep dasar sistem pakar, Yogyakarta : Andi.

Frieyadie, F., & Aryanti, H. (2013). Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kehamilan Berbasis Web dengan Menggunakan Metode Forward Chaining pada Rsia Rp Soeroso. Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System, 9(1), 62-68.

Kusrini. 2008. Aplikasi Sistem Pakar Menentukan Faktor Kepastian Pengguna dengan Metode Kuantifikasi Pertanyaan.Yogyakarta : Andi.

Kusrini. 2006. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi Offset.

Naser, A. dan Zaiter, A. 2008. An Expert System For Diagnosing Eye Disease Using Clips. Journal of Theoretical and Applied Information Technology.

Nugroho, Adi. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak.Yogyakarta: Andi Offset

Sutanta, Edhy. 2004. Sistem Basis Data. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Rusmawan, Uus. 2007. Konsep Dan Implementasi Visual Basic. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Published
2015-09-15
How to Cite
Ramanda, K. (2015). PENERAPAN SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA KEHAMILAN. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(2), 179-185. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/427
Article Metrics

Abstract viewed = 400 times
PDF downloaded = 443 times