KOMPARASI KLASIFIKASI PENENTUAN CUSTOMER KREDIT MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 DAN KNN PADA PT CITRA SEMESTA ENERGY

  • Yosep Nuryaman (1*) Program Studi Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Algoritma C4.5, CrossIndustry Standard Proses for Data Mining, K-Nearest Neighbor

Abstract

PT. Citra Semesta Energy sebagai agen bbm industri menyediakan fasilitas kredit bagi customer lama maupun baru. Fasilitas kredit tersebut ternyata menimbulkan beberapa customer melakukan telat bayar. Peneliti mencoba menggunakan algoritma C4.5 dan KNN untuk mengklasifikasikan customer tersebut. Dan hasil pengklasifikasian terbaik dalam penelitian ini yaitu menggunakan algoritma C4.5 dengan hasil accuracy 84% +/-4,26 % serta nilai grafik AUC 0,686+/-0,686. Dan kemudian dibandingkan dengan algoritma KNN dengan nilai accuracy 84.86% +/-4,26%, serta nilai  AUC 0,692+/-0,121.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilia, D., Baskoro, D. A., Ambarwati, L., & Wicaksana, I. W. S. (2013). Belajar Data Mining Dengan Rapid Miner. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hadijah, S. (2016). Penggolongan Kualitas Kredit dan Cara Menghindari Kredit Macet - Cermati. Retrieved August 13, 2018, from https://www.cermati.com/artikel/penggolongan-kualitas-kredit-dan-cara-menghindari-kredit-macet

Hardiyana, H. (2016). PENANGANAN PENUMPANG YANG MENGALAMI PENUNDAAN KEBERANGKATAN AKIBAT RETURN TO APRON PADA PENERBANGAN ROYAL BRUNEI AIRLINES DI PT. GAPURA ANGKASA CABANG BANDARA INTERNASIONAL JUANDA-SURABAYA. Jurnal Ground Handling, 1(1). Retrieved from http://www.sttkd.ac.id/jurnal/index.php/JGH/article/view/30

HRD, D. (2015). Data Penjualan 2015. Jakarta.

Marshel, S., Erwan, K., & Kadarini, S. N. (2013). Analisis Antrian SPBU (64 78118)(Studi Kasus Jalan Hasanudin Pontianak). Jurnal Mahasiswa Teknk Sipil Universitas Tanjungpura, 2(2), 1–10.

Nuryaman, Y. (2018). Laporan Akhir Penelitian “Komparasi Klasifikasi Penentuan Customer Kredit Menggunakan Algoritma C4.5 Dan Knn Pada Pt Citra Semesta Energy.” Jakarta.

Sani, & Uchti. (2014). KONTRIBUSI KECEPATAN LAYANAN DAN TARIF TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT.JNE KONTER PERAK TIMUR. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2(1). Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/7069
Published
2018-09-15
How to Cite
Nuryaman, Y. (2018). KOMPARASI KLASIFIKASI PENENTUAN CUSTOMER KREDIT MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 DAN KNN PADA PT CITRA SEMESTA ENERGY. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(2), 233-238. https://doi.org/10.33480/pilar.v14i2.72
Article Metrics

Abstract viewed = 291 times
PDF downloaded = 226 times