PENERAPAN METODE WAITING LINE UNTUK EVALUASI PELAYANAN PENJUALAN MERCHANDISE KAMPUS PADA PT. COME INDONUSA JAKARTA

  • Dinar Ajeng Kristiyanti (1*) Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Metode Waiting Line, Pelayanan Penjualan Perchandise, Evaluasi Pelayanan Penjualan

Abstract

Dalam menjalankan bisnisnya, sebuah perusahaan dituntut untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi konsumen. Hal ini merupakan tanggung jawab bagi perusahaan dalam rangka menarik perhatian konsumen agar bisnis yang dijalani terus berkembang. Salah satu tolak ukur pelayanan yang baik adalah ketepatan waktu pelayanan, yang meliputi waktu mengantri dan waktu proses pelayanan. Antrian dapat saja timbul dikarenakan oleh kebutuhan akan layanan yang melebihi kapasitas layanan, sehingga pengguna fasilitas yang tiba tidak dapat segera mendapatkan layanan disebabkan oleh kesibukan layanan. Untuk itu dibutuhkan suatu metode untuk mengelola antrian tersebut sehingga fasilitas layanan yang ditambahkan tidak menimbulkan pengurangan keuntungan perusahaan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Waiting Line untuk mengelola antrian pelayanan penjualan merchandise kampus yang masih belum optimal di PT. COME Indonusa Jakarta dengan cara menghitung sistem antrian perusahaan pada saat ini dan mengetahui sistem antrian perusahaan setelah dilakukannya alternatif solusi terpilih. Hasil penelitian menunjukkan dengan membuat sistem penjualan online (e-commerce), menambahkan staf operasional dan penambahan perangkat komputer mampu meminimalkan antrian dan mampu meningkatkan laba perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulele, S. N. (2014). Analisis Sistem Antrian Pada Bank Mandiri Cabang Ambon. Jurnal Barekeng, 8(1), 45–49.

Hidayatun, N. (2013). Waiting Line Method Dengan Model Multi Channel Untuk Evaluasi Pelayanan Administrasi. Jurnal Teknik Informatika, 1(1), 72–78.

Kresna, R. (2016). Penerapan Sistem Manajemen Operasional Pelayanan Pemesanan Menu Makanan Dengan Waiting Line Method. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, XII(2), 182–189.

Kristiyanti, D. A. (2018). Penerapan Metode Waiting Line Untuk Evaluasi Pelayanan Penjualan Merchandise Kampus Pada Pt. Come Indonusa Jakarta. Jurnal Pilar Nusa Mandiri.

Octaviani, A. (2015). Penerapan Metode Waiting Line Untuk Peningkatan Pelayanan Pembelian (Studi Kasus Toko Haruna 88 Jakarta). PARADIGMA, XVII(1), 19–27.

Oktaviani, A. (2014). Penerapan Metode Waiting Line Untuk Peningkatan Pelayanan Antrian Pelanggan Kajian Teknologi Informasi. Jurnal Techno Nusa Mandiri, XI(1), 86–95.

Purnawan, D., Hendikawati, P., & Muslim, M. A. (2013). Analisis Model Antrian Perbaikan Sepeda Motor Dengan Menggunakan Program Visual Basic. Unnes Journal of Mathematics, 2(1), 39–45.

Ridwansyah. (2017). Peningkatan Kinerja Pelayanan Pasien Untuk Meminimalkan Antrian dengan Waiting Line Method. INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, 1(2), 167–174.

Setyowati, C. I., & Wijayaningrum, T. N. (2017). Analisis antrian pada pelayanan pendaftaran dan optimalisasi di rsud krt sutjonegroro. In Y. UAD (Ed.), THE 5 TH URECOL PROCEEDING (pp. 345–350). Yogyakarta.

Sujoko, A., & Chalidyanto, D. (2015). Analisis Antrian Pelayanan Obat Non Racikan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 3(2), 99–107.

Sya’diyah, E., & Suryowati, K. (2017). Analisis Sistem Antrian pada Pelayanan Teller di Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Kota Tegal. Jurnal Statistika Industri Dan Komputasi, 2(1), 12–20.

Taha, M. (2007). Perilaku Organisasi: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wati, R. (2017). Kelurahan Setiabudi Jakarta Selatan Dengan Waiting Line. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(2), 15–20.
Published
2018-03-15
How to Cite
Kristiyanti, D. (2018). PENERAPAN METODE WAITING LINE UNTUK EVALUASI PELAYANAN PENJUALAN MERCHANDISE KAMPUS PADA PT. COME INDONUSA JAKARTA. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 61-68. https://doi.org/10.33480/pilar.v14i1.91
Article Metrics

Abstract viewed = 866 times
PDF downloaded = 758 times