Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi harus kita manfaatkan agar dapat bersaing dengan organisasi, instansi atau perusahaan. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor terpenting dalam sebuah perusahaan, dimana knowledge yang dimiliki setiap sumber daya manusia tersebut merupakan aset bagi perusahaan. Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya SDM maka dibutuhkan knowledge management yang baik. Belum adanya pengembangan berbagi pengetahuan (Knowledge Sharing) antara karyawan pada divisi SDM dan banyaknya turn overkaryawan-karyawan di PT Republika Media Mandiri sehingga menimbulkan permasalahan hilangnya tacit knowledge yang dimiliki oleh karyawan yang sudah lama berpengalaman dalam bekerja. Oleh karena itu sebuah budaya dari Knowledge Management pada divisi SDM yakni knowledge sharing akan dianalisa dan diterapkan knowledge sharing serta strategi apa yang dapat mempengaruhi knowledge sharing PT Republika Media Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang didukung dengan model SECI dalam pembentukan knowledge dan pengujian kualitas perangkat lunak dengan Software Quality Assurance. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan metodologi pengukuran keefektifitasan forum diskusi tersebut dalam menciptakan pengetahuan baru dan akhirnya meningkatkan kreatifitas dan daya inovasi instansi/organisasi. Hasil penelitian ini berdasarkan dari penyebaran kuesioner terhadap penerapan knowledge management system kepada karyawan yaitu pada interval 3.40-4.19, nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 4.00 yaitu diterima dengan baik.
An author who publishes in the Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System agrees to the following terms:
Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.