RANCANG BANGUN PROTOTIPE KNOWLEGDE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG KNOWLEDGE SHARING DENGAN MODEL SECI: STUDI KASUS PT REPUBLIKA MEDIA MANDIRI JAKARTA

  • Sandra Dewi Saraswati (1*) Program Studi Ilmu Komputer STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Knowledge Management, Knowledge Sharing, SECI, Software Quality Assurance

Abstract

Perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi harus kita manfaatkan agar dapat bersaing dengan organisasi, instansi atau perusahaan. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor terpenting dalam sebuah perusahaan, dimana knowledge yang dimiliki setiap sumber daya manusia tersebut merupakan aset bagi perusahaan. Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya SDM maka dibutuhkan knowledge management yang baik. Belum adanya pengembangan berbagi pengetahuan (Knowledge Sharing) antara karyawan pada divisi SDM dan banyaknya turn overkaryawan-karyawan di PT Republika Media Mandiri  sehingga menimbulkan permasalahan hilangnya tacit knowledge yang dimiliki oleh karyawan yang sudah lama berpengalaman dalam bekerja. Oleh karena itu sebuah budaya dari Knowledge Management pada divisi SDM yakni knowledge sharing akan dianalisa dan diterapkan knowledge sharing serta strategi apa yang dapat mempengaruhi knowledge sharing PT Republika Media Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang didukung dengan model SECI dalam pembentukan knowledge dan pengujian kualitas perangkat lunak dengan Software Quality Assurance. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan metodologi pengukuran keefektifitasan forum diskusi tersebut dalam menciptakan pengetahuan baru dan akhirnya meningkatkan kreatifitas dan daya inovasi instansi/organisasi. Hasil penelitian ini berdasarkan dari penyebaran kuesioner terhadap penerapan knowledge management system kepada karyawan yaitu pada interval 3.40-4.19, nilai rata-rata dari keseluruhan pernyataan sebesar 4.00 yaitu diterima dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bechina, A., & Bommen, T. (2006). Knowledge sharing practices: Analysis of a global Scandinavian consulting company. The Electronic Journal of Knowledge Management, 4(2), 109–116.

Dharwiyanti, S. & Wahono, R. S. (2003). Pengantar Unified Modeling Language (UML). IlmuKomputer.Com.

Nasution, S. (2009). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The knowledge creating company: How Japanese companies create the dynamics of innovation. New York, NY: Oxford University Press.

Saraswati, S. D. (2015). Prototipe Knowledge Management System Untuk Mendukung Knowledge Sharing : Studi Kasus PT Republika Media Mandiri Jakarta. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta : STMIK Nusa Mandiri Jakarta., 1–8.

Subagyo, H. (2007). Pengantar Knowledge Sharing untuk Community Development.

Sudjana. (2000). Metode Statistika. Bandung : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana. (2002). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D.Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Published
2018-03-15
How to Cite
Saraswati, S. (2018). RANCANG BANGUN PROTOTIPE KNOWLEGDE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENDUKUNG KNOWLEDGE SHARING DENGAN MODEL SECI: STUDI KASUS PT REPUBLIKA MEDIA MANDIRI JAKARTA. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 75-82. https://doi.org/10.33480/pilar.v14i1.93
Article Metrics

Abstract viewed = 603 times
PDF downloaded = 685 times