Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Bisnis ritel merupakan mata rantai terakhir dalam proses distribusi barang, dengan semakin banyaknya usaha ritel membuat persaingan antar usaha ritel semakin ketat. Hal ini membuat para pemilik usaha ritel harus kreatif dan inovatif dalam menarik pelanggan untuk dapat terus berlangganan pada usaha ritel tersebut. Produk yang dijual pada usaha ritel, merupakan produk yang sudah mempunyai nilai tambah yang dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu strateginya adalah dengan menggadakan reward untuk para pelanggan. Untuk menentukan pemberian reward pada penelitian ini, menggunakan metode profile matching. Pada metode Profile Matching, penilaian dan perhitungan nilai GAP berdasarkan loyalitas pelanggan, intesitas pelanggan, lama berlangganan, banyaknya pembelian, waktu pembelian. Langkah terakhir dari metode profile matching berupa perangking-an yang menunjukan bahwa semakin tinggi hasil rangking yang dihasilkan , maka semakin besar pula kemungkinan untuk pelanggan dapat menerima reward. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode profile matching dapat diimplementasi dalam sebuah sistem pendukung keputusan untuk mementukan pemberian reward terhadap pelanggan.
An author who publishes in the Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System agrees to the following terms:
Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.