PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING UNTUK MENENTUKAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP PELANGGAN PADA BISNIS RITEL

  • Veti Apriana Komputerisasi Akuntasi AMIK BSI Jakarta
Keywords: Retail, Customer Reward, Profile Matching.

Abstract

Bisnis ritel merupakan mata rantai terakhir dalam proses distribusi barang, dengan semakin banyaknya usaha ritel membuat persaingan antar usaha ritel semakin ketat. Hal ini membuat para pemilik usaha ritel harus kreatif dan inovatif dalam menarik pelanggan untuk dapat terus berlangganan pada usaha ritel tersebut. Produk yang dijual pada usaha ritel,  merupakan produk yang sudah mempunyai nilai tambah yang dijual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu strateginya adalah dengan menggadakan reward untuk para pelanggan. Untuk menentukan pemberian reward pada penelitian ini, menggunakan metode profile matching. Pada metode Profile Matching, penilaian dan perhitungan  nilai GAP berdasarkan loyalitas pelanggan, intesitas pelanggan, lama berlangganan, banyaknya pembelian, waktu pembelian. Langkah terakhir dari metode profile matching berupa perangking-an yang  menunjukan bahwa semakin tinggi hasil rangking yang dihasilkan , maka semakin besar pula kemungkinan untuk pelanggan dapat menerima reward. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode profile matching dapat diimplementasi dalam sebuah sistem pendukung keputusan untuk mementukan pemberian reward terhadap pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriana, V. (2016). PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING UNTUK MENENTUKAN KELAYAKAN PEMBERIAN PINJAMAN PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT, 3(2), 143–150. Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/moneter/article/view/1194

Apriana, V. (2018). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.

Kusumawati, W. I., & Puspitaningtyas, Z. (2014). Peramalan Produksi Sarung Tenun Dengan Menggunakan Metode Pemulusan Data. Majalah Ekonomi, 20(1 Juli), 49–49. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/majalah_ekonomi/article/view/79

Mardikawati, W., & Farida, N. (2013). LOYALITAS PELANGGAN , MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA PELANGGAN BUS EFISIENSI ( Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap ). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1), 64–75.

Megawati, Y. (2017). PERTUMBUHAN MINI MARKET SEBAGAI SALAH SATU BENTUK PASAR MODERN. Business Management Journal, 2(1). https://doi.org/10.30813/BMJ.V2I1.583

Palandi, J. F., & Pudyastuti, Z. E. (n.d.). Penyaringan Kandidat Untuk Promosi Jabatan Dengan Profile Matching, 5(1).

Saidani, B., & Arifin, S. (2012). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen dan minat beli pada ranch market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 3(1), 1–22.

Soliha, E. (2008). Analisis Industri Ritel di Indonesia. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 15(2), 128–143.

Windarto, A. P. (2017). IMPLEMENTASI METODE TOPSIS DAN SAW DALAM MEMBERIKAN REWARD PELANGGAN. Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK), 4(1). Retrieved from http://klik.unlam.ac.id/index.php/klik/article/view/73
Published
2018-03-15
How to Cite
Apriana, V. (2018). PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING UNTUK MENENTUKAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP PELANGGAN PADA BISNIS RITEL. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 117-122. https://doi.org/10.33480/pilar.v14i1.98