ANALISIS KNOWLEDGE MANAGEMENT IDENTIFIKASI KERUSAKAN NOTEBOOK PADA LESTARI COMPUTER MENGGUNAKAN MODEL SECI

  • Suminten Suminten (1*) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri

  • (*) Corresponding Author
Keywords: SECI Model

Abstract

Lestari Computer merupakan perusahaan jasa service center  yang cukup bonafit di Bekasi. Selain menyediakan jasa service notebook, juga menjual peralatan aksesoris komputer. Semakin banyak jumlah customer yang datang ,membuat para teknisi tidak dapat mendiagnosa kerusakan notebook dengan cepat. Oleh karena itu, diperlukan penerapan Knowledge Management untuk mengintegrasikan dan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki seluruh teknisi yang menjadi aset penting bagi perusahaan. Proses aktifitas dan pengembangan karyawan  wujud dari SECI Model  yang merupakan bagian dari manajemen pengetahuan dan didukung teknologi informasi perusahaan, sehingga sharing knowledge dapat berjalan efektif dan pelayanan terhadap customer dapat ditingkatkan. Informasi dan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder serta literatur lainnya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada responden. Uji kualitas sistemnya menggunakan SQA. Penelitian ini telah berhasil membangun sebuah KMS pada Lestari Computer, sebagai bentuk penerapan KMS untuk  teknologi. KMS ini berhasil memfasilitasi terjadinya seluruh proses pengelolaan pengetahuan SECI serta menjamin keberlangsungan pengelolaan pengetahuan dan kelayakan pengetahuan dipublikasikan.

References

Almah, H. (2013). Membangun Inovasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Konsep KM (Knowledge Management). Khizanah al-Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 1(2), 91-100.

Dynamics of Innovation. Oxford: Oxford University Press

Jamal, A. (2015). Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Notebook Pada Widodo Computer Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 7(3).

Nonaka dan Sangkala.2007.Pengenalan Knowledge Management Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Nonaka, I and H Takeuchi (1995). The Knowledge Creating Company: How Japanese Companies Create the.

Marimin .2012. Belajar Aplikasi Sistem Pakar dan Teknik Pembuatannya. Jakarta:Komputindo.

Port, Thomas daven.2010. Introduction with Knowledge Management. London.Academic University

Simorangkir, Lucy. 2014. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru Pada Manusia Menggunakan Metode Forward Chaining. Yogyakarta: Andi.

Siregar, A. R. (2005). Manajemen Pengetahuan: Perspektif Pustakawan. PUSTAHA, 1(1), 2-6.

Suminten. 2015. Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri Jakarta

Tiwana, A.2000.The Knowledge Management Toolkit. New Jersey: Prentice Hall.

Turban. 2009 .Struktur Sistem Pakar dan Pengembangannya. Jakarta: Gramedia.
Published
2017-09-15
How to Cite
Suminten, S. (2017). ANALISIS KNOWLEDGE MANAGEMENT IDENTIFIKASI KERUSAKAN NOTEBOOK PADA LESTARI COMPUTER MENGGUNAKAN MODEL SECI. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(2), 117-124. https://doi.org/10.33480/techno.v14i2.194
Article Metrics

Abstract viewed = 226 times
PDF downloaded = 234 times