ANALISIS KNOWLEDGE MANAGEMENT IDENTIFIKASI KERUSAKAN NOTEBOOK PADA LESTARI COMPUTER MENGGUNAKAN MODEL SECI
Abstract
Lestari Computer merupakan perusahaan jasa service center yang cukup bonafit di Bekasi. Selain menyediakan jasa service notebook, juga menjual peralatan aksesoris komputer. Semakin banyak jumlah customer yang datang ,membuat para teknisi tidak dapat mendiagnosa kerusakan notebook dengan cepat. Oleh karena itu, diperlukan penerapan Knowledge Management untuk mengintegrasikan dan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki seluruh teknisi yang menjadi aset penting bagi perusahaan. Proses aktifitas dan pengembangan karyawan wujud dari SECI Model yang merupakan bagian dari manajemen pengetahuan dan didukung teknologi informasi perusahaan, sehingga sharing knowledge dapat berjalan efektif dan pelayanan terhadap customer dapat ditingkatkan. Informasi dan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder serta literatur lainnya. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah penyebaran kuesioner kepada responden. Uji kualitas sistemnya menggunakan SQA. Penelitian ini telah berhasil membangun sebuah KMS pada Lestari Computer, sebagai bentuk penerapan KMS untuk teknologi. KMS ini berhasil memfasilitasi terjadinya seluruh proses pengelolaan pengetahuan SECI serta menjamin keberlangsungan pengelolaan pengetahuan dan kelayakan pengetahuan dipublikasikan.
References
Dynamics of Innovation. Oxford: Oxford University Press
Jamal, A. (2015). Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Notebook Pada Widodo Computer Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 7(3).
Nonaka dan Sangkala.2007.Pengenalan Knowledge Management Organisasi. Jakarta: Gramedia.
Nonaka, I and H Takeuchi (1995). The Knowledge Creating Company: How Japanese Companies Create the.
Marimin .2012. Belajar Aplikasi Sistem Pakar dan Teknik Pembuatannya. Jakarta:Komputindo.
Port, Thomas daven.2010. Introduction with Knowledge Management. London.Academic University
Simorangkir, Lucy. 2014. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru Pada Manusia Menggunakan Metode Forward Chaining. Yogyakarta: Andi.
Siregar, A. R. (2005). Manajemen Pengetahuan: Perspektif Pustakawan. PUSTAHA, 1(1), 2-6.
Suminten. 2015. Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta: STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Tiwana, A.2000.The Knowledge Management Toolkit. New Jersey: Prentice Hall.
Turban. 2009 .Struktur Sistem Pakar dan Pengembangannya. Jakarta: Gramedia.
Abstract viewed = 231 times
PDF downloaded = 238 times
The copyright of any article in the TECHNO Nusa Mandiri Journal is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-NC license.
- The copyright in each article belongs to the author.
- Authors retain all their rights to published works, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri) is the first to publish with a Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY-NC).
- Authors can enter articles separately, manage non-exclusive distribution, from manuscripts that have been published in this journal into another version (for example: sent to author affiliation respository, publication into books, etc.), by acknowledging that the manuscript was published for the first time in Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri);
- The author guarantees that the original article, written by the stated author, has never been published before, does not contain any statements that violate the law, does not violate the rights of others, is subject to the copyright which is exclusively held by the author.
- If an article was prepared jointly by more than one author, each author submitting the manuscript warrants that he has been authorized by all co-authors to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri) will not be held responsible for anything that may have occurred due to the author's internal disputes.