SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA YANG BERHAK MENDAPATKAN BEASISWA DENGAN METODE TOPSIS

  • Marlina Marlina Manajemen Informatika AMIK BSI Tangerang
  • Wina Yusnaeni wina.wyi@bsi.ac.id
  • Novita Indriyani Komputerisasi Akuntasi AMIK BSI Bogor
Keywords: Beasiswa, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS, Decision Support System

Abstract

Beasiswa merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menarik minta siswa, terutama untuk mahasiswa yang berpretasi dari seluruh sekolah tingkat SMA/SMK sederajat. Banyaknya penawaran yang dilakukan untuk bisa lolos masuk ke perguruan tinggi, selain itu banyak siswa yang mendaftar perorangan tanpa pengawasan sekolah. Dalam melakukan pemilihan sendiri pihak sekolah menggunakan perhitungan manual dengan kriteria yang ada hal ini bisa menyebabkan kurang efektif dan bisa menjadi subyektifitas dalam melakukan pemilihan yang berhak mendapat beasiswa. hal ini bisa menjadi lebih mudah dalam menyaring pendaftar yang terbaik yang bisa mendapatkan beasiswa. Topsis merupakan suatu metode sistem pendukung keputusan (DSS) yang digunakan untuk memilih peringkat terbaik dengan nilai bobot tertinggi pada alternative yang dinilai. Dalam pemilihan siapa yang berhak mendapatkan beasiswa dengan kriteria yang ada. penilaian dilakukan dengan tim penilai yang nantinya menilai berdasarkan bobot nilai dari kriteria dan alternative. Hasil dari pengolahan data akan didapat bobot kepentingan kriteria serta hasil bo bot tertinggi dari alternative. Sehingga bisa dihasilkan siswa (alternative) yang memiliki nilai tertinggi sehingga didapat siswa yang berhak mendapat beasiswa.

References

Al-Awadhi Suha. The Use Of The UTAUT Model In The Adoption Of E-Government Services In Kuwait. 2008

Arikunto. Prosedur Penelitian : Suatu Praktek. Jakarta. Bina Aksara. 2003.

Nikmah, Astin. Dampak Penggunaan Handphone terhadap Prestasi Siswa. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 4. 2011.

Azwar, Saifuddin. Sikap Manusia: Teori dan Pengukuran. Yogyakarta: Liberty. 2000.

Brophy, Jere. Motivating Student to Learn. Michigan State Of University. 2004.

Dehlmer, K. M. Adolescent Techology Usage, Sleep, Attention and Academic. International Journal of Education and Research. Vol 1. No.9. 2009.

Ghozali, Imam A. Model Persamaan Struktural–konsep dan aplikasi dengan program AMOS Ver 16.0. Semarang: BP UNDIP. 2008

Hair JF, Black WC., Babin BJ., Anderson RE., dan Tatham RL, Multivariate Data Analysis, Fifth Edition. New Jersey: Pearson Education International. Inc. 2006,

Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Cetakan ketiga, Jakarta: Bumi Aksara. 2008.

Head dan Milena. Understanding Student Attitudes Of Mobile Phone Applications And Tools: A Study Using Conjoint, Cluster And Sem Analyses yang dimuat pada 18th European Conference on Information Systems, 2010:3

Headrick, Daniel R. Communicatian and Imperial Control in British: In Historical Social Research. Cologne. 2009.

Hudojo, H. Teori Belajar dalam Proses Belajar-Mengajar Matematika. Jakarta. Depdikbud. 1985.

Hurllock, Elizabeth. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga1999.

Jihad, Asep. Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo: Jakarta. 2008.

Jihyuuk Joo. Exploring relationships among Korean Children's Depression, Smartphone Addiction, and School Life Satisfaction: Focusing on Partial Least Square (PLS) Path Modelin. Far East University. 2013.

Jogiyanto, HM. Analisa Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Edisi ketiga, Cetakan kedua, Yogyakarta: Andi Offset. 2006

Jogiyanto, HM. Sistem Informasi Keperilakuan.Yogyakarta: Andi Offset. 2007.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa: Jakarta. 2011.

Kaveri Subrahmanyam, Robert E.Kraut, Patricia M.Greenfield dan Elisheva F.Gross. The impact of home computer use on children’s activities and development, California State University. 2000.

Kerlinger, Fred and Howard B Lee. Foundations of Behaviour Research. Harcourt College Publisher. 2000.

Kesaraporn Wanajak. Internet use and its impact on secondary school students in chiang mai, Thailand Cowan University. 2010.

Magwa Simuforosa. The impact of modern technology on the educational attainment of adolescents, Great Zimbabwe University. 2013.

Malayu S.P. Hasibuan. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. 2005.

McLeod, Raymond. Sistem Informasi Manajemen, Edisi Kedelapan, Jakarta: PT.Indeks. 2004.

Monks, FJ, dkk. Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. 1998.

Nofri Salman. Dampak Penggunaan Handphone pada Anak Sekolah Dasar Negeri 006 Langgini Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. 2012.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 2001.

Oktaviani. Analisisa Uji Komparasi Sistem Operasi pada Android dan Blacberry. Universitas Gunadarma. 2009.

Pintrich, Paul. A Motivational Science Perspective On the Role of Student Motivation on Learning and Teaching Context. Journal of Educational Pshychology. Vol 95, No 4. 667-686. 2003.

Prasetyaningrum, Tri. M-NINGBK: Aplikasi Bimbingan Karier Siswa SMP dengan Menggunakan Ponsel. Seminar Nasional Informatika. UPN Veteran Yogyakarta. 2011

Purwanto, H. Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung. 1999.

Nasution, S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara. 1996.

Santoso, Singgih. Structural Equation Modelling Konsep dan Aplikasi dengan AMOS Membuat dan Menganalisa Model SEM Menggunakan Program AMOS versi 7.0.Jakarta:Elex Media Komputindo. 2007.

Sardiman, A.M. Intetaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. 2005.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Solimun. Multivariate Analysis: Structural Equation Modeling (SEM). Penerbit UniversitasNegeri Malang. 2002.

Subrata, Gatot. Perpustakaan Digital. Pustakawan Perpustakaan UM. 2009.

Sugiyono.. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung. . 2010

Sunarto. ”Bagaimana Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research)”. Regional Education Development and Improvement Program (REDIP) : JICA. 2005.

Suryabrata, Sumadi. Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Yogyakarta: Andi. 2005.

Thomas, Patricia. Information System Success And Technology Acceptance Within A Goverment Organization. Dissertation Prepared For The Degree Of Doctor Of Philosophy. University Of North Texas. 2008

Tibenderana, Prisca K.G, Patrick J. Ogao. Acceptance and Use Of Electronic Library Services in Uganda Universities. Uganda. 2006

Tibenderana, Prisca K.G, Patrick J. Ogao. Information Communication Technologies Acceptance and Use Among University Communities in Uganda: A Model For Hybrid Library Services End-Users. International Journal of Computing and ICT Research. 2008.

Venkatesh, V, Davis, F. D. A Theoretical Extension of theTechnology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science. 2003.

Widodo, Prabowo Pudjo. Aplikasi SEM: Management Information System (MIS) & Technology Accepted Model (TAM). Jakarta: Universitas Budi Luhur. (2006).

Willis. J, Matthew, Omar F.El-Gayar, Dorine Bennet “Examining Healthcare Professionals Acceptance Of Electronic Medical Records Using UTAUT”. Issues in Information System Vol IX, No.20. 2008.

Winkel. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo. 1996.

Wirawan. Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan & UNHAMKA PRESS. 2002.

Wothke, W dan Arbuckle. AMOS User Guide Version 4.00. Chicago.Small Water. 1999.
Published
2017-09-15
How to Cite
Marlina, M., Yusnaeni, W., & Indriyani, N. (2017). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SISWA YANG BERHAK MENDAPATKAN BEASISWA DENGAN METODE TOPSIS. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 14(2), 147-152. https://doi.org/10.33480/techno.v14i2.198