PENGARUH KUALITAS LAYANAN BJB NET TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BJB RASUNA SAID MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0
Abstract
Pemakaian teknologi internet dalam perbankan merupakan salah satu upaya bank untuk merangkul nasabah dengan memberikan layanan yang mempermudah transaksi. Layanan suatu website perlu diukur untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Dalam penelitian ini,permasalahan yang diangkat adalah mengukur kualitas website BJB.net diukur dengan menggunakan metode WebQual. WebQual merupakan instrumen yang menilai kualitas suatu website berdasarkan pengguna akhir. Secara parsial ketiga dimensi WebQual yaitu kegunaan (Ussability), kualitas informasi (Information Quality) dan kualitas interaksi (Interaction Quality) mempengaruhi kepuasan nasabah secara signifikan. Responden dalam penelitian ini adalah nasabah di bank bjb Rasuna Said, Jakarta, yang menggunakan layanan bjb net. Data penelitian diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner terhadap responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan bjb net. Secara simultan kualitas layanan bjb net berpengaruh terhadap kepuasan nasabah (Customer Satisfaction).
References
Fauziah, D. N., & Wulandari, D. A. N. (2018). PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN BUKALAPAK.COM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(2), 173–180. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.55-61
Florentina, T., & Sugiarto. (2014). Metode Penelitian Cara. Mudah Membuat Makalah, Skripsi, Tesis. Tangerang: PT. Matana Bina Utama.
Irawan, C. (2016). EVALUASI KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH DAERAH DENGAN MENGGUNAKAN WEBQUAL (STUDI KASUS PADA KABUPATEN OGAN ILIR). KNTIA, 2(0). Retrieved from http://seminar.ilkom.unsri.ac.id/index.php/kntia/article/view/717
Kharisma, M., & Anggraeni, S. (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.
Napitupulu, D., Ariani, A. F., & Kadar, J. A. (2016). ANALISA KUALITAS WEBSITE INTRA LIPI BERBASIS PENDEKATAN WEBQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS : STUDI KASUS DI SATKER X. In 11th Annual Meeting on Testing and Quality 2016 (pp. 404–419). Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Darmawan_Napitupulu2/publication/318928167_ANALISA_KUALITAS_WEBSITE_INTRA_LIPI_BERBASIS_PENDEKATAN_WEBQUAL_DAN_IMPORTANCE_PERFORMANCE_ANALYSIS_STUDI_KASUS_DI_SATKER_X/links/5985f07245851560584a3609/ANALISA-KUALITAS-WEB
Permatasari, I. (2012). ANALISIS PENILAIAN KUALITAS LAYANAN INTERNET BANKING DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 TERHADAP NASABAH BNI DAN BCA WILAYAH JAKARTA. Repository UG. Retrieved from http://publication.gunadarma.ac.id/handle/123456789/6186
Rohman, F., & Kurniawan, D. (2017). PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE BADAN NASIONAL PENANGGULANGAN BENCANA MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(1), 31–38. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/jitk/article/view/432
Ronny, Suryani, T., & Hiqmah, F. (2016). MANAJEMEN PENGEMBANGAN LAYANAN INTERNET BANKING: STUDI EMPIRIK PADA BANK DI INDONESIA. In SEMNAS FEKON (pp. 429–436). Tangerang Selatan: Fakultas Ekonomi Universitas Terbuka. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/6605/1/45-ronny.pdf
Wardhana, A. (2015). DETERMINAN KUALITAS LAYANAN INTERNET BANKING DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL VERSI 4.0 DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH TOP BRAND E-CHANNEL BANK DI INDONESIA. IMAGE, 4(1), 1–14. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/image/article/view/2325
Abstract viewed = 889 times
PDF downloaded = 1001 times
The copyright of any article in the TECHNO Nusa Mandiri Journal is fully held by the author under the Creative Commons CC BY-NC license.
- The copyright in each article belongs to the author.
- Authors retain all their rights to published works, not limited to the rights set out on this page.
- The author acknowledges that Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri) is the first to publish with a Creative Commons Attribution 4.0 International license (CC BY-NC).
- Authors can enter articles separately, manage non-exclusive distribution, from manuscripts that have been published in this journal into another version (for example: sent to author affiliation respository, publication into books, etc.), by acknowledging that the manuscript was published for the first time in Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri);
- The author guarantees that the original article, written by the stated author, has never been published before, does not contain any statements that violate the law, does not violate the rights of others, is subject to the copyright which is exclusively held by the author.
- If an article was prepared jointly by more than one author, each author submitting the manuscript warrants that he has been authorized by all co-authors to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf, and agrees to notify the co-authors of the terms of this policy. Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology (TECHNO Nusa Mandiri) will not be held responsible for anything that may have occurred due to the author's internal disputes.