PRACTICE MANAGING INTERNET CONNECTION CAMPUS AREA NETWORK (CAN) WITH FIREWALL AND ADDRESS LIST MIKROTIK ROUTER OS

  • Juniar Sinaga (1*) Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: CAN Networks, Firewall, Address List, Campus Area Network

Abstract

Jaringan Campus Area Network (CAN) atau jaringan area kampus dibentuk dari gabunganbeberapa komponen teknologi informasi seperti hardware, software,dan perangkat jaringan ataunetwork device yang terhubung dengan koneksi internet dengan tujuan menyediakan fasilitas bagicivitas akademik untuk menunjang proses pembelajaran.Koneksi internet yang baik dan memadaimutlak diperlukan supaya para pengguna atau user dapat menikmati teknologi secara efisien danefektif. Khusus untuk pengguna internet pada Campus Area Network harus benar-benar dilakukanSalah satu alat atau device yang sudah terbukti kehandalannya untuk menjalankan metodecontrolling dan limitation tersebut adalah Router.Secara umum router didesign dan didistribusikandalam bentuk hardware maupun software.Pada penelitian ini router yang digunakan adalah RouterOS dengan sistim operasi linux yang disebut dengan Mikrotik Router OS . MikroTik Router OSmerupakan sistem operasi yang dirancang khusus untuk network router.Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya.Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox).. Pada Mikrotik Router OSlayanan bandwith control ini diimplementasikan dengan metode Hierarchical Token Bucket(HTB) dan Queue Tree atau antrian. Metode Queue Tree atau antrian pada router Mikrotik dapatmemberikan jaminan kualitas layanan bandwidth (Quality Of Service) yang efesien bagi client atauuser yang bisa dikelola oleh pengelola aringan dalam hal ini adalah para administrator jaringan(network administrator) itu sendiri. Kedua Melalui implementasi teknologi ini sebuah institusiatau lembaga pendidikan mampu menuju cyber campus yang berdasar pada konsep InformationComunication and Telecomunication (ICT)dimana dalam penelitian ini terbukti dapat diatasidengan metode Hierarchical Token Bucket (HTB) dan Queue Tree berbasis PC Router OS.

References

Abiona, Olatunde. 2006. Bandwidth Monitoring & Measurement. Obafemi Awolowo University Cone.

Kustanto dan Daniel T.Saputro. 2008. Membangun Server Internet Dengan Mikrotik OS.Gava Media.Jakarta.

Moch. Linto Herlambang dan Aziz Catur L. 2008. Panduan Lengkap Menguasai Router Masa Depan Menggunakan Mikrotik Router OS. Andi Offset.Yogyakarta.

Nazir, M. 1988. Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Stefanus, S. 2005. Reverse Engineering, Teori dan Aplikasi. Universitas Diponegoro. Semarang

Tanenbaum, Andrew S. 2003. Computer Networks 4th Edition. Prentice Hall.

Unknown. 2008. Divisi Training PT UFOAKSES SUKSES LUARBIASA. Jakarta.

https://www.mikrotik.com/testdocs/ros/2.9/root/queue.pdf.

http://www.mikrotik.com/testdocs/ros/2.9/refman2.9.pdf.

http://www.mikrotik.com/testdocs/ros/3.0/refman3.0.pdf.
Published
2013-03-15
How to Cite
Sinaga, J. (2013). PRACTICE MANAGING INTERNET CONNECTION CAMPUS AREA NETWORK (CAN) WITH FIREWALL AND ADDRESS LIST MIKROTIK ROUTER OS. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 10(1), 132-142. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/techno/article/view/566
Article Metrics

Abstract viewed = 469 times
PDF downloaded = 502 times