PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE MULTIKOMUNIKASI UNTUK SISWA KELAS IV SDLB PENYANDANG TUNA RUNGU DAN WICARA

Penulis

  • Agus Salim Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta

Kata Kunci:

Mathematics learning model, Computer based learning, Deaf person

Abstrak

A deaf person is an individual who has a hearing impediment in both permanent and not permanent. In each teaching for deaf children, teaching aids needed to visualize the material presented, making it easier to understand. Mathematics learning models can be appropriate tools in teaching math to deaf children. This learning model is intended for students in 4th grade of SDLB B. This application presents mathematics material that is explained using animations, pictures, text, and videos. By using this application, teaching and learning activities become more enjoyable and can shorten the time of teaching. The research shows that deaf person more focused on his learning material comparing with conventional teaching. This method makes people learn 40% faster than the conventional method.

Referensi

BSNP.(2009). Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Luar Biasa Tuna rungu (SDLB-B). Badan Standar Nasional Pendidikan.http://www.scribd.com/doc/5919714/9-matssdlbb.

Bunawan, Lani. 1997. Komunikasi Total. Jakarta : Depaertemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Efendi, Mohammad, Esni Triaswati, Hariyanto & Pujiati.(2006). Penggunaan Media Ceritera Bergambar Berbasis Pendekatan Komunikasi Total untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Tuna Rungu Kelas Rendah di SLB Bagian B YPTB Malang.

http://www.ditnaga-dikti.org/ditnaga/files/sari_penelitian_ppkp-pips.pdf.

Hansen, Britta. (1980).Aspects of Deafness and Total Communication in Denmark. Copenhagen: The Center for total communication.

Khaer, Abu. (2008). Video Pembelajaran untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Upaya Menemukan Suatu Model. http://smkn2.dispendik.surabaya.go.id/download.php?id=35.

McLeod, Raymond, George P. Schell. (2008).Sistem Informasi Manajemen. Ed. Ke-10 Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Mudjito. (2015). Implementasi Pendidikan Ketrampilan berbasis Kemandirian bagi Anak Berkebutuhan Khusus Jenjang Pendidikan Dasar.http://www.pk-plk.com/2011/10/implementasi-pendidikan-ketrampilan.html?q=pedoman+pendidikan+luar+biasa.

Nugroho, Tofiq.(2009). Metode Pembelajaran Matematika di sekolah Luar Biasa Tuna rungu Melalui Komputer Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. http://etd.eprints.ums.ac.id/3437/2/A410050094.pdf.

Prawiradilaga, Dewi Salma.(2007).Prinsip Desain Pembelajaran Berbasis Komputer, Jakarta: Prenada Media Group.

Sukayati.(2004). Contoh Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. http://p4tkmatematika.org/downloads/sd/ModelPembelajaran.pdf.

Suranto. (2009). Hubungan antara kemampuan komunikasi dan rasa percaya diri dengan sosialisasi anak tuna rungu wicara di SLB-B YRTRW Surakarta tahun 2005/2006. http://digilib.uns.ac.id.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-03-15

Cara Mengutip

Salim, A. (2015). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOMPUTER DENGAN METODE MULTIKOMUNIKASI UNTUK SISWA KELAS IV SDLB PENYANDANG TUNA RUNGU DAN WICARA. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 12(1), 77–95. Diambil dari https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/techno/article/view/500