ANALISIS SENTIMEN REGISTRASI ULANG KARTU SIM PADA TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SVM DAN K-NN

  • Mira Kusmira STMIK Nusa Mandiri Jakarta
Keywords: Analisis Sentiment, Registrasi Ulang Kartu SIM, VSM, K-NN, Twitter

Abstract

Analisis sentimen adalah proses menganalisa, memahami dan mengklasifikasikan pendapat, evaluasi, penilaian, sikap dan emosi terhadap suatu entitas seperti pada peristiwa Registrasi Ulang Kartu SIM yang ramai menjadi perbincangan di dunia nyata maupun media sosial, salah satunya adalah twitter. Semua orang dengan bebas memberikan pendapatnya atau beropini tentang registrasi ulang kartu SIM sehingga memunculkan banyak opini. Penelitian ini menggunakan teks bahasa indonesia yang terdapat pada twitter berupa opini sehingga pengklasifikasian kategori Positive, Negative dilakukan secara manual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk proses klasifikasi analisis sentiment menggunakan metode k-Nearest Neighbor (k-NN), dan Support Vector Machine (SVM) hasil dari penelitian ini adalah analisis sentiment terhadap registrasi ulang kartu SIM, Metode SVM dianggap lebih baik dari pada metode k-NN dalam penelitian ini karena menghasilkan Accuracy 78.97 % dan AUC 0.851

References

Buntoro, G. A. (2016). ANALISIS SENTIMEN HATESPEECH PADA TWITTER DENGAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN SUPPORT VECTOR MACHINE. Jurnal Dinamika Informatika, 5(2). Retrieved from http://ojs.upy.ac.id/ojs/index.php/dinf/article/view/975

Gusrion, D. D. (2017). PERANGKAT JARINGAN MOBILE PADA KENDARAAN LAYANAN KELILING. Komputer Teknologi Informasi, 4(2). Retrieved from http://lppm.upiyptk.ac.id/komtekinfo/index.php/KOMTEKINFO/article/view/113

Hidayatullah, A. F., & Azhari, A. S. (2014). ANALISIS SENTIMEN DAN KLASIFIKASI KATEGORI TERHADAP TOKOH PUBLIK PADA TWITTER. In Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF) (pp. 115–122). Yogyakarta: UPN ”Veteran” Yogyakarta. Retrieved from http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/1016

Kusmira, M. (2019). Laporan Akhir Penelitian PDY: Analisis Sentimen Registrasi Ulang Kartu SIM Pada Twitter Menggunakan Algoritma SVM Dan K-NN. Jakarta.

Mahardhika, Y. S., & Zuliarso, E. (2018). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP PEMERINTAHAN JOKO WIDODO PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVES BAYES CLASSIFIER. In SINTAK (pp. 409–413). Semarang: Fakultas Teknologi Informasi Universitas Stikubank. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6651

Rustiana, D., & Rahayu, N. (2017). ANALISIS SENTIMEN PASAR OTOMOTIF MOBIL: TWEET TWITTER MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 113–120. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.841

Published
2019-08-18
How to Cite
Kusmira, M. (2019). ANALISIS SENTIMEN REGISTRASI ULANG KARTU SIM PADA TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SVM DAN K-NN. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 105-110. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/541
Article Metrics

Abstract viewed = 14 times
PDF downloaded = 3 times