APLIKASI PENGETAHUAN KEHAMILAN DAN PERHITUNGAN MASA KEHAMILAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA NAEGELE

  • Hajriah Fajar Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri
  • Suharyanto Suharyanto Sistem Informasi Kampus Kota Surakarta Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Naegele, Pregnancy, Android, Estimates Born

Abstract

Proses kehamilan merupakan proses yang menjadi perhatian khusus bagi suatu keluarga yang menantikan kehadiran putra atau putri yang dicintai. Oleh karena itu, setiap ibu hamil sering melakukan kontrol ke dokter kandungan untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan atau mengetahui usia kehamilan dalam minggu. Bagi beberapa pasangan yang kurang mampu, kegiatan kontrol ini tidak dapat dilakukan secara rutin. Sehingga sering kali tidak dapat mengetahui informasi perkembangan janin pada usia kehamilan berjalan. Kurangnya informasi juga dialami oleh pasangan yang berencana untuk mempunyai anak, maupun yang ingin menunda kehamilan dengan sistem kalendar. Cara yang biasa dilakukan saat ini adalah dengan memberikan catatan atau tanda pada kalendar sebagai acuan. Pada dasarnya Usia kehamilan secara tradisional dapat diperkirakan dengan cara mengetahui hari pertama haid terakhir. Dengan metode Naegele Perhitungan  ini juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir. Oleh karena itu berdasarkan permasalahan yang terjadi, diusulkan aplikasi Pengetahuan Kehamilan  dan perhitungan seputar masa kehamilan menggunakan metode Naegele. Diharapkan aplikasi ini dapat di akses pada device dengan platform Android sehingga bisa membantu pasangan yang ingin menunda kehamilan atau yang sedang melakukan program untuk memiliki keturunan secara tepat. Selain itu dapat membantu ibu hamil untuk mengetahui perkembangan janin pada kandungan.

References

Apriyani, M. E., & Dzikri, A. (2013). Pemanfaatan Sistem Informasi Terintegrasi untuk Pengembangan Perpustakaan di Politeknik Negeri Batam. JURNAL INTEGRASI, 5(1), 91–95. Retrieved from http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JI/article/view/218

Apriyani, M. E., & Qodir, A. (2014). Perancangan Aplikasi Kunjungan Kehamilan Berbasis Android, 6(1), 2–5.

Carudin, C., & Apriningrum, N. (2018). Aplikasi Kalender Kehamilan (Smart Pregnancy) Berbasis Android. Jurnal Online Informatika, 2(2), 116. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.125

Enrizal, V., Huda, Y., & Novaliendry, D. (2015). Mobile Asisten Kehamilan Berbasis Android, 2(2).

Fajar, H., & Suharyanto. (2018). Laporan Akhir Penelitian - Aplikasi Pengetahuan Kehamilan Dan Perhitungan Masa Kehamilan Berbasis Android Menggunakan Metode Algoritma Naegele. Jakarta.

Felicia, F., Hutagaol, E., & Kundre, R. (2015). Hubungan status gizi dengan siklus menstruasi pada remaja putri di PSIK FK UNSRAT Manado. JURNAL KEPERAWATAN, 3(1).

Nurajizah, S., & Saputra, M. (2018). Sistem Pakar Berbasis Android Untuk Diagnosa Penyakit Kulit Kucing Dengan Metode Forward Chaining. Jurnal PILAR Nusa Mandiri, 14(1), 7–14.

Sumekar, G. A. D., Thamrin, I., & Tridalestari, F. A. (2015). Aplikasi Panduan Kehamilan dan Forum Diskusi Untuk Ibu Hamil Berbasis Android, 1(3), 1815–1822.
Published
2019-02-15
How to Cite
Fajar, H., & Suharyanto, S. (2019). APLIKASI PENGETAHUAN KEHAMILAN DAN PERHITUNGAN MASA KEHAMILAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA NAEGELE. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 4(2), 231-238. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/302