PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT YUDHA SWALAYAN JAKARTA

  • Aan Rahman Administrasi Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Analisis Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kualitas Pelayanan Customer

Abstract

Seiring dengan tumbuh dan berkembangnya swalayan – swalayan, maka persaingan semakin ketat saat ini membuat pengusaha di bidang pengadaan kebutuhan sehari – hari juga harus memiliki pelayanan efektif, sehingga memberikan kepuasaan terhadap para konsumennya. Dengan adanya pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan akan menciptakan kepuasan bagi para konsumen, oleh karena itu suatu perusahaan harus memiliki strategi yang khusus untuk mengelola jasa dengan baik. Strategi yang dimaksud mengenai hal apa yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, hal ini berkaitan dengan pelayanan dimana pelayanan merupakan aspek terpenting untuk mencapai kepuasan konsumen.Berhasil atau tidaknya perusahaan swalayan dalam berkomunikasi dengan para pelanggannya tergantung pada pelayanannya. Pelayan berperan sangat penting, apakah pelanggan telah puas atau tidak puas dengan pelayanan yang diberikan rumah makan, seperti dalam keramahan, kehandalan, kecepatan dan pemberian informasi yang lengkap dan tepat, dengan dipenuhinya hal ini maka ketidak puasaan yang dikeluhkan pelanggan tidak perlu terjadi terhadap kepuasaan pelanggan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner sedangkan variable yang menjadi penelitian ini adalah variable bebas yaitu pelayanan (X) dan variable tak bebas adalah kepuasaan konsumen (Y). Hasil penelitian terdapat hubungan yang kuat antara pelayanan dan kepuasaan konsumen, berdasarkan perhitungan determinasi yang penulis teliti, yang menghasilkan nilai sebesar 58.85% yang menunjukan bahwa pengaruh pelayanan terhadap kepuasaan konsumen dan selebihnya sebesar 41.17% yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti harga, lokasi.

References

Citra, M. (2013). Analisis Kepuasan Pelanggan Atas Kualitas Pelayanan Blackberry Internet Service Provider Telkomsel (Studi Kasus Pada 100 Pengguna Blackberry Internet Service Provider Telkomsel di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Soscial And Politic.

Imelda, S. (2017). Kualitas Pelayanan Customer Service Dan Loyalitas Nasabah Pada Bank BRI Unit Veteran Banjarmasin. Jurnal INTEKNA, 17, 79–147.

Nurhadi. (2017). Pengaruh Pelayanan Dan Produk Jasa Terhadap Komitmen Penerimaan Nasabah Pada Bank BRI Tigaraksa. Jurnal Moneter, IV.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265. https://doi.org/10.19166/derema.v11i2.197

Pertiwi, F. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan UMKM Provinsi Kalimantan Timur. EJournal Administrasi Negara, 1.

Rahman, A. (2018). Laporan Akhir Penelitian. Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandu: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT. Rafika Aditama Anggota Ikapi.

Supranto. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasaan Pelanggan. Jakarta: PT. Rineka Citra.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (Edisi 3). Yogyakarta: ANDI.

Yamit, Z. (2010). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Pertama). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Published
2019-02-15
How to Cite
Rahman, A. (2019). PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT YUDHA SWALAYAN JAKARTA. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 4(2), 257-264. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/jitk/article/view/306