PENGARUH PELAYANAN SALES ASISTEN TERHADAP KEPUASAN PELAGGAN PADA PT. PASARAYA BLOK M JAKARTA SELATAN

  • Aan Rahman Administrasi Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika
  • Lutfi Dzulkhan Zakir Administrasi Bisnis Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Service, Customer Satisfaction, PT. Pasaraya

Abstract

Di jaman ini semakin banyak berdirinya tempat-tempat pembelanjaan  khususnya Mall yang menawarkan berbagai macam produk dan jasa lengkap dengan teknologi modern untuk memanjakan konsumen disertai dengan penawaran paket harga yang bervariatif dan kompetitif. Dalam membeli suatu produk atau jasa, seorang konsumen mungkin mendeteksi adanya suatu kekurangan. Konsumen tidak menginginkan produk atau jasa, yang tidak memenuhi standar mutu. Apa yang menentukan konsumen akan puas, atau tidak puas tehadap suatu pembelian baik itu produk maupun jasa. Kepuasan konsumen adalah fungsi seberapa dekat harapan konsumen atas suatu produk atau jasa dengan mutu yang dirasakan. Konsumen akan merasa tidak puas jika suatu produk atau jasa tidak sesuai harapan, konsumen akan merasa puas jika suatu produk atau pelayanan tidak sesuai harapan, dan konsumen akan merasa sangat puas jika suatu produk atau jasa melebihi harapan. Berhasil atau tidaknya perusahaan tergantung pada pelayanannya. Pelayan berperan sangat penting, apakah pelanggan telah puas atau tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut dengan dipenuhinya hal ini maka ketidak puasaan yang dikeluhkan konsumen pelanggan tidak perlu terjadi terhadap kepuasaan pelanggan.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner sedangkan variable yang menjadi penelitian ini adalah variable bebas yaitu pelayanan sales asisten (X) dan variable tak bebas adalah kepuasaan pelanggan (Y). Hasil penelitian terdapat adanya pengaruh pelayanan sales asisten dan kepuasaan pelanggan, berdasarkan perhitungan determinasi yang penulis teliti, yang menghasilkan nilai sebesar 17.39 % dan sisanya sebesar 82.61 % di pengaruhi beberapa faktor lainnya yang tidak diteliti penulis.

References

Ahidin, U., & Triyono. (2014). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 2(1).

Haryeni. (2017). KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN NASABAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA TABUNGAN BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG KHATIB SULAIMAN. Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas, 19(2), 189–201.

Kusnadi, Y. (2016). PARADIGMA Vol. XVIII. No.2 September 2016 PENGARUH KETERIMAAN APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP JUMLAH PENDAFTAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI JAKARTA, XVIII(2), 89–101.

Novianti, N. (2015). PENGARUH CUSTOMER SATISFACTON DAN SWITCHING BARRIER. SEGMEN-Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(1B), 1–9.

Nurhadi. (2017). Pengaruh Pelayanan Dan Produk Jasa Terhadap Komitmen Penerimaan Nasabah Pada Bank BRI Tigaraksa. Jurnal Moneter, IV.

Pertiwi, F. (2017). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan UMKM Provinsi Kalimantan Timur. EJournal Administrasi Negara, 1.

Rahman, A., & Zakir, L. D. (2019). Laporan Akhir Penelitian Mandiri: Pengaruh Pelayanan Sales Asisten Terhadap Kepuasan Pelaggan Pada PT Pasaraya Blok M Jakarta Selatan. Jakarta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Aphabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujito, S. (2011). TOTAL SATISFACTION MERUPAKAN BENTUK DISKONFIRMASI PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS. In Seminar Nasional Ilmu Ekonomi Terapan (pp. 41–48). Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/view/404

Sutrisno. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Published
2019-07-29
How to Cite
Rahman, A., & Zakir, L. (2019). PENGARUH PELAYANAN SALES ASISTEN TERHADAP KEPUASAN PELAGGAN PADA PT. PASARAYA BLOK M JAKARTA SELATAN. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 81-88. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i1.673
Article Metrics

Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 21 times