IMPLEMENTASI WEBQUAL 4.0 PADA WEBSITE CRM PLAZA TOYOTA TENDEAN

  • Irfan Hidayat (1*) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri
  • Nining Suryani (2) Universitas Bina Sarana Informatika

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Kualitas Website, Webqual, Kepuasan Pengguna

Abstract

Pemanfaatan website saat ini menjadi hal penting dalam membantu pekerjaan khususnya pada bengkel Plaza Toyota Tendean. Kualitas website yang baik menjadi faktor utama dalam menentukan kepuasan pengguna. Dalam penelitian ini responden adalah pengguna website CRM pada Bengkel Plaza Toyota Tendean. Pengguna mengeluhkan adanya permasalahan saat penggunaan website CRM, yaitu pada jam tertentu website tidak bisa diakses dengan baik. Jumlah sampel yang diukutsertakan dalam penelitian ini berjumlah 44 responden. Data yang diperoleh berasal dari penyebaran kuesioner terhadap responden pengguna website CRM. Pada penelitian ini metode yang dipakai adalah dengan metode webqual 4.0 dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini adalah nilai koefisien (R) sebesar 0,918, yang menjelaskan bahwa variabel kualitas kegunaan dan kualitas informasi memiliki kekuatan hubungan terhadap kualitas interaksi sebesar 91.8%, signifikan dan memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna website CRM sehingga dinilai cukup baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur kualitas web crm yang digunakan terhadap kepuasan pengguna, sehingga dapat mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan dan efektifitas web crm yang digunakan oleh penggunanya

Author Biographies

Irfan Hidayat, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri

Mahasiswa Strata Satu (S1)Program Studi Sistem Informasi

Nining Suryani, Universitas Bina Sarana Informatika

Dosen pembimbing Program Studi Sistem Informasi

References

Andriyansyah, F. (2018). Analisa Kepuasan Pengguna Terhadap Kualitas Aplikasi Ticket Monitoring Pt. Infrastruktur Telekomunikasi Dengan Metode Webqual, 4(1), 111–118.

Fathur, R., & Kurniawan, D. (2017). Pengukuran Kualitas Website Badan Nasional Penanggulangan Bencana Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3(1), 31–38.

Fauziah, D., & Wulandari, D. (2018). Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.com Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer, 3 No 2, 173–180. https://doi.org/https://doi.org/10.33480/jitk.v3i2.345

Giyanti, I., & Suparti, E. (2018). Penilaian kualitas aplikasi halal mui dengan webqual 4.0 dan pengaruhnya terhadap keputusan penggunaan. Jurnal Teknik Industri, 13(2), 91–98.

Hidayat, I. (2020). Laporan Akhir Skripsi Penelitian.

Kusnadi, Y., & Hadi Kurnia, F. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4 . 0, 5(2), 6–12.

Rahmatullah, S., Silvi Purnia, D., & Triasmoro, R. (2019). Analisis Kualitas Website Sekolah North Jakarta Intercultural School dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Kajian Ilmiah, 19 No 2, 157–164.

Roliani, G., Heningtyas, Y., Komputer, J. I., & Lampung, U. (2018). Jurnal Komputasi © Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserve Implementasi Metode Webqual 4 . 0 Untuk Mengukur Kualitas Website UPT Perpustakaan UNILA Jurnal Komputasi © Ilmu Komputer Unila Publishing Network all right reserve. Jurnal Komputasi, 6(2), 15–22.

Satriavi, T. A., Jaryono, & Widuri, R. (2016). DRIVE TROUGH. Journal & Proceeding Feb UNSOED, 6(1), 705–719. Retrieved from http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/sca-1/article/view/965

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Syaifullah, & Soemantri, D. O. (2016). Pengukuran Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: CV. Zamrud Multimedia Network). Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 2(1), 19–25.

Webqual, M. M., David, N., & Veronika, M. (2018). ANALISIS KUALITAS WEBSITE PROVINSI BENGKULU. Jurnal Pseudocode, V(1), 10–17.

Widhyaestoeti, D., & Husen. (2017). PADA WEBSITE E-GOVERNMENT UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN INTERAKSI ( Studi Kasus Website DISHUB Kota Bogor ). Jurnal Ilmiah Teknologi - Informasi Dan Sains, 7(1), 25–34.

Published
2020-08-01
How to Cite
Hidayat, I., & Suryani, N. (2020). IMPLEMENTASI WEBQUAL 4.0 PADA WEBSITE CRM PLAZA TOYOTA TENDEAN. INTI Nusa Mandiri, 15(1), 1-8. https://doi.org/10.33480/inti.v15i1.1362
Article Metrics

Abstract viewed = 13 times
PDF downloaded = 11 times