IMPLEMENTASI APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PEMBERDAYAAN HOME INDUSTRI
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat pesat secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi sistem perdagangan. Home Industri merupakan usaha mandiri yang bergerak dibidang penjualan dalam hal ini memproduksi boneka. Mekanisme sistem penjualan saat ini masih menggunakan sistem konvensional dalam hal pencatatan data barang dan laporan data penjualan, sehingga menyulitkan pemilik dalam memperoleh informasi yang akurat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi e-commerce sebagai aplikasi penjualan online yang dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi aktual seputar hasil evaluasi, pengetahuan dan kegiatan-kegiatan pada home industri. Sedangkan metode penelitian meliputi pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Kemudian model pengembangan sistem dengan metode pendekatan SDLC (System Deployment Life Cycle). Tujuan adanya aplikasi diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk melakukan pembelian produk tanpa harus datang ke lokasi dan membantu home industri dalam melakukan proses promosi dan penjualan boneka secara efektif dan efisien.
Downloads
References
Abraham, B., Setiawan, A., & Dewi, Puspa, L. (2016). Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Calon Pekerja berbasis Android. Jurnal Infra, 4 No. 2.
Fathansyah. (2012). Basis Data. Informatika.
Febriadi, B., & Nasution, N. (2017). Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. JURNAL INOVTEK POLBENG - SERI INFORMATIKA, 2 No.1, 68–72. https://doi.org/https://doi.org/10.35314/isi.v2i1.119
Firmanata, & Trena Artaqia El. (2011). Perancangan E-Commerce dan Sistem Informasi Toko Baju Online Include Apparel Berbasis Web Menggunakan PHP dan MySQL Di Kota Kediri. Nusantara of Engineering, 1 No.2, 56–62.
Hartati, S., & Pertiwi, P. (2014). Pemanfaatan Electronic Government Dalam Pemberdayaan Pemerintah & Potensi Desa Berbasis Web Pada Desa Bogorejo, Kecamatan Gedong Tataan. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 3.
Hermaliani, E. H., Fatimah, L., & Qomariyyah, N. (2020). Laporan Akhir Penelitian: Implementasi Aplikasi E-Commerce Untuk Pemberdayaan Home Industri.
Ipnuwati, S. (2014). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Minak Singa. Explore – Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 4 No. 2, 12–20. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v4i2.536
Junaidi, A., & Sumirat, C. (2018). Aplikasi Persediaan Barang PT. CAD Solusindo Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal SISFOKOM, 7 Nomor 1, 28–37. https://doi.org/https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i1.280
Laipaka, R. (2018). Penerapan Web Service JSON pada Backend-Developer Summary Report Executive Menggunakan Arsitektur MVC CodeIgniter. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi.
Marthasari, Indah, G., Risqiwati, D., & Dewi, Tri Buana, T. (2017). Rancang Bangun Dan Implementasi Website E-Commerce Ukm Gs4 Malang Menggunakan Metode Prototyping. Seminar Nasional Teknologi Dan Rekayasa (SENTRA).
Rejeki, Sri, A., Utomo, A. P., & Stefiani, S. S. (2011). Perancangan dan Pengaplikasian Sistem Penjualan Pada “Distro Smith” Berbasis E-Commerce. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 16 No.1, 150-159.
Sagita, Awan, R., & Hari, S. (2016). Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Penjualan Furniture Berbasis Web. Indonesian Journal on Networking and Security, 4 No. 4, 49–55.
Salamah, U., & Khasanah, Fata, N. (2017). Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan Online Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing. Information Management For Educators And Professionals, 2 No. 1, 35–46.
Sukamto, Ariani, R., & M Shalahuddin. (2015). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Modula.
Sutabri, T. (2005). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta. Andi Offset.
Suyanto, & Asep, H. (2009). Step by Step Web Design Theory and Practices. Andi Offset.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal mengenai publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas karya penulis dan publikasi awal pada jurnal.
2. Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan (misalnya, mengirimkannya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada Jurnal.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, dalam penyimpanan institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan dari karya yang diterbitkan sebelumnya.