PREDIKSI POLA PENJUALAN TIKET KAPAL PT. PELNI CABANG MAKASSAR MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI
Abstract
Ketersediaan tiket untuk penumpang merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam bidang usaha transportasi jasa angkutan kapal penumpang. Dalam menjalani proses bisnisnya, masalah yang terjadi di Cabang-Cabang PT Pelayaran Nasional Indonesia adalah menipisnya stok blanko tiket terutama pada masa peak season, sedangkan ketika Cabang membutuhkan blanko tiket tersebut, distribusi blanko tiket mengalami hambatan di bagian ekspedisi yang merupakan faktor eksternal yang tidak bisa dikontrol secara langsung. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode apriori. Untuk melakukan proses asosiasi awalnya data mentah di preprocessing untuk memperoleh jumlah tiket yang terjual dari tiap-tiap kapal yang ada di cabang Makassar. Kemudian hasil tersebut dibagi berdasarkan periode perbulannya. Selanjutnya dilakukan dengan algoritma apriori dan terbagi menjadi 2 bagian yaitu gabungan 2 itemset dan 3-itemset yang memenuhi minimum support dan minimum confidence. Algoritma Apriori menghasilkan aturan asosiasi antar item pada bulan Januari 2018 sampai dengan Desember 2018 diketahui pola penjualan tiket kapal bahwa jika membeli tiket KM Lambelu maka akan membeli tiket KM Bukit Siguntang secara bersamaan dengan nilai support 75% dan nilai confidence 90%.
Downloads
References
Badrul, M. (2016). Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan. PILAR, 12(2), 121–129. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/266
Firmansyah, A., & Merlina, N. (2019). Laporan akhir penelitian : Prediksi Pola Penjualan Tiket Kapal PT. PELNI Cabang Makassar Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jakarta.
Merlina, N., & Fitriyati, N. H. (2016). Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Menular Pada Anak Dengan Metode Dempster-Shafer. Bina Insani ICT Journal, 3(2), 307–316. Retrieved from http://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/BIICT/article/view/835
Pormes, R., & Manongga, D. H. F. (2017). Pemanfaatan Metode Clustering untuk melihat pola penjualan dan perilaku pembelian konsumen, pada penjualan tiket pesawat PT. Garuda Indonesia, Cabang Batam. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 3(3), 483–493. Retrieved from https://journal.maranatha.edu/index.php/jutisi/article/view/690
PT. PELNI. (2019). Laporan Transaksi Penjualan Tiket Kapal Penumpang. Jakarta.
Putria, N. E. (2018). Data Mining Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori Pada Terminal Tiket Batam Tour & Travel. Computer Based Information System Journal, 6(1), 29–39. Retrieved from http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/643
Rezkiani. (2016). Implementasi Data Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Sepatu Yang Diminati Pada Mahasiswa Pascasarjana Kelas 14.1a.01 Stmik Nusa Mandiri jakarta. KNIT-2 Nusa Mandiri, 2(1), INF.49-INF.56. Retrieved from https://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/knit/article/view/45
Siregar, S. R. (2014). Implementasi Data Mining Pada Penjualan Tiket Pesawat Menggunakan Algoritma Apriori( Studi Kasus : Jumbo Travel Medan ). Pelita Informatika Budi Darma, 7(1), 152–156. Retrieved from https://docplayer.info/82011-Implementasi-data-mining-pada-penjualan-tiket-pesawat-menggunakan-algoritma-apriori-studi-kasus-jumbo-travel-medan.html
Surmayanti, Marfalino, H., & Rahmi, A. (2015). Penerapan Analysis Clustering Pada Penjualan Komputer Dengan Perancanganan Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means ( Study Kasus Toko Tri Buana Komputer Kota Solok ). In Prosiding Senatkom (Vol. 1, pp. 50–59). Retrieved from http://lppm.upiyptk.ac.id/senatkom/index.php/senatkom/article/view/7
Yakun, Y. &. (2018). Data Mining Untuk Analisis Pola Pemilihan Menu Pada Penang Corner Cafe Dan Resto Menggunakan Algoritma Apriori. J-SISKO TECH, 1(2), 114–123. Retrieved from https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/article/view/37
![](/public/site/icon-graph.gif)
![](/public/site/icon-pdf.gif)