ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO YOEHAN WANAHERANG BOGOR

  • Dedi Suharyadi (1*) Manajemen Informatika AMIK BSI Bekasi

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Service Quality, Consumer Satisfaction, Kualitas Pelayanan

Abstract

Salah satu tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan adalah bagaimana dapat memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggannya agar citra perusahaan meningkat. Kualitas pelayanan yang baik akan menjadi sebuah keuntungan bagi perusahaan. Jika suatu perusahaan sudah mendapat nilai positif dimata konsumen, maka konsumen tersebut akan memberikan feedback yang baik sehingga bukan tidak mungkin akan menjadi pelanggan tetap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap  kepuasan pelanggan pada Toko Yoehan yang berlokasi di Desa Wanaherang. Metode yang digunakan adalah purposive sampling dimana penulis menggunakan pertimbangan sendiri dengan cara sengaja dalam memilih anggota populasi yang dianggap dapat memberikan informasi yang diperlukan dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan yaitu pelanggan Toko Yoehan. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi sederhana dan koefisien determinasi.Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi sederhana menghasilkan persamaan regresi: Ŷ = 8,216 + 0,709X dimana Konstanta (a) = 8,216 menunjukkan nilai konstan, dimana jika variabel X = 0 maka kepuasan pelanggan Toko Yoehan (Ŷ) = 8,216. Berdasarkan uji t dapat dilihat bahwa tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,050 maka dapat dikatakan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Penerapan variabel Kualitas Pelayanan (X) terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y) memiliki koefisien korelasi (R Square) sebesar 0,402 atau 40,2 % dapat dikatakan bahwa perubahan kepuasan pelanggan dapat dijelaskan melalui kulaitas pelayanan sedangkan sisanya 59,8% dijelaskan varibel lainnya. Nilai R sebesar 0,634 atau 63,4 % berarti ada hubungan yang kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-15
How to Cite
[1]
D. Suharyadi, “ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO YOEHAN WANAHERANG BOGOR”, jitk, vol. 3, no. 2, pp. 289-296, Feb. 2018.
Article Metrics

Abstract viewed = 1548 times
PDF downloaded = 1491 times