ANALYTICAL HIERARCHY PROSES SEBAGAI PENUNJANG SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN PELAYANAN PADA TPU WILAYAH JAKARTA UTARA

  • Indarti Indarti (1) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Sukabumi
  • Denny Pribadi (2*) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri Sukabumi

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Analitical Hierarchy Process, Pelayanan TPU, Sistem Penunjang Keputusan

Abstract

Penilaian pelayanan TPU di Wilayah Jakarta Utara sesuai tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (good and clean governance) dan harus memperhatikan kualitas tanggung jawab, fasilitas, pelayanan dan kesederhanaan prosedur. Metode Analitical Hierarchy Process (AHP) adalah sebuah kerangka untuk mengambil keputusan dengan efektif atas persoalan yang kompleks dengan menyederhanakan dan mempercepat proses pengambilan keputusan dengan memecahkan persoalan tersebut kedalam bagian-bagiannya, menata bagian atau variabel ini dalam suatu susunan hierarki, member nilai numerik pada pertimbangan subjektif tentang pentingnya tiap variabel dan mensintesis berbagai pertimbangan ini untuk menetapkan variabel yang mana yang memiliki prioritas paling tinggi dan bertindak untuk mempengaruhi hasil pada situasi tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Frieyadie, F., & Kristiana, T. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI TEMPAT PEMAKAMAN UMUM (TPU). Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 2(1), INF.63-INF.68. Retrieved from http://konferensi.nusamandiri.ac.id/prosiding/index.php/knit/article/view/47

Indarti, Pribadi Denny. (2016). Laporan Akhir Penelitian Dosen Pemula Tahun 2016. Sukabumi: STMIK Nusa Mandiri Sukabumi

Larasti, M. (2017). Kebijakan Pemerintah Provinsi Dki Jakarta Dalam Pemungutan Retribusi Tempat Pemakaman Umum Non Mewah (Studi Kasus: TPU Joglo Blok A Balaad 004 Srengseng).

Gubernur DKI (2016). Peraturan Gubernur No. 7 Tahun 2016. Tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Jakarta : Pemerintah DKI Jakarta.

Murad, D. F., Hendro, H., & Murmanto, I. R. (2017). Monitoring Sistem Pengolahan Lahan TPU Di Kantor Pemakaman Daerah Kabupaten Tangerang. ULTIMA INFOSYS, 7(1), 24-30.

Saaty, Thomas L. 2008. Decision Making With The Analytic Hierarchy Process. Int. J. Services Sciences, Vol. 1, No. 1, 2008: 83-98.

Surapati, B. F. (2015, April 10). Pelaku Pungli di PTSP Akan Dipidanakan. Retrieved from beritajakarta.id: http://www.beritajakarta.id/read/9563/Pelaku-Pungli-di-PTSP-Akan-Dipidanakan

Widodo, R. (2014). Pelaksanaan Perjanjian Sewa Tanah Makam Di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bergota Kota Semarang. Unnes Law Journal, 3(2).

Yuliyanto. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan PTSP Terhadap Kepuasan Publik di TPU Semper Jakarta Utara Menggunakan Metode AHP. Jakarta.
Published
2017-09-15
How to Cite
Indarti, I., & Pribadi, D. (2017). ANALYTICAL HIERARCHY PROSES SEBAGAI PENUNJANG SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN PELAYANAN PADA TPU WILAYAH JAKARTA UTARA. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 187-192. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/236
Article Metrics

Abstract viewed = 205 times
PDF downloaded = 177 times