PENGARUH SISTEM PELAYANAN JASA PEMASANGAN GLOBAL MARITIME DISTRESS & SAFETY SYSTEM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN

  • Abdul Rozak (1*) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Henny Destiana (2) Komputerisasi Akuntansi AMIK BSI Karawang

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Fuzzy Servqual, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

PT Multiintegra merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa untuk integrasi sistem. Global Maritime Distress & Safety System atau GMDSS merupakan media komunikasi marabahaya dan keselamatan di laut dan  juga  suatu  sistem  yang  terintegrasi dengan  menggunakan satelit  dan  komunikasi radio  yang  berguna  untuk memastikan bahwa dimana sebuah kapal dalam kondisi marabahaya maka bantuan dapat segera dikirim. Pengguna jasa pada perusahaan ini terdiri dari berbagai kelas sosial, swasta dan instansi pemerintahan. Namun masih banyak keluhan yang sering dilayangkan pelanggan terhadap perusahaan terutama dalam hal pelayanan jasa pada salah satu produknya yaitu pemasangan GMDSS. Pengukuran terhadap kualitas pelayanan masih sulit diukur karena tidak ada ukuran yang sesuai yang dapat menyamakan persepsi   orang terhadap kualitas pelayanan sehingga pengukuran terhadap derajat kepuasan  pelayanan  terkadang  kurang  akurat.  Metode yang  digunakan  untuk  mengukur  kualitas  pelayanan menggunakan Fuzzy Servqual. Hasil pengolahan dengan metode Fuzzy Servqual didapat bahwa tidak terdapat pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Dari sistem pelayanan jasa pemasangan GMDSS yang dilakukan petugas masih berada dibawah harapan pelanggan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan GAP secara keseluruhan diperoleh nilai sebesar -4,00. Nilai GAP yang negative menunjukan bahwa sistem pelayanan yang diberikan masih jauh dari harapan pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, K. N. D. (2016). Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty Pada Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Studi Kasus Pada Samsat Corner Tiara Dewata. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 13(3), 32-59.

Aneesh, A., Dileeplal, J., & Abraham, M. (2014). An integrated fuzzy weighted SERVQUAL-QFD approach for service quality improvement. International Journal of Engineering Research, 3(12), 774-776.

Atmaja, N. P. C. D. (2016). Pengaruh kewajaran harga, citra perusahaan terhadap kepuasan dan loyalitas pengguna jasa penerbangan domestik garuda indonesia di Denpasar. Prosiding, 197-209.

Rizan, M., Prasetya, R., & RP, A. K. (2014). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Terhadap Pengguna Laptop Merek Toshiba Dan Pengguna Laptop Merek Acer). JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 5(1), 1-20

Rozak, A., & Destiana, H. (2017). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Karawang: AMIK BSI Karawang

Siswadhi, F. (2016). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kinerja Karyawan Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kerinci Terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Benefita, 1(3), 177-183.
Published
2017-09-15
How to Cite
Rozak, A., & Destiana, H. (2017). PENGARUH SISTEM PELAYANAN JASA PEMASANGAN GLOBAL MARITIME DISTRESS & SAFETY SYSTEM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 13(2), 223-226. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/241
Article Metrics

Abstract viewed = 61 times
PDF downloaded = 64 times