Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Tingginya tingkat permintaan para pengguna kendaraan agar memiliki mobil dengan mesin yang bertenaga namun tetap irit bahan bakar dan ramah lingkungan telah menjadi pemicu timbulnya teknologi baru yang ideal dengan nama Variabel Valve Timing-Intelligent atau lebih dikenal dengan sebutan VVT-i. Teknologi VVT-i merupakan teknologi yang mengatur sistem kerja katup pemasukan bahan bakar (intake) secara elektronik baik dalam hal waktu maupun ukuran buka tutup katup sesuai dengan besar putaran mesin sehingga menghasilkan tenaga yang optimal, hemat bahan bakar dan ramah mesin adalah metoda rangkaian maju (Forward Chaining).Penelusuran dimulai lingkungan. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui gejala kerusakan pada mobil Toyota Vios berteknologi VVT-i dengan Sistem pakar. Teknik yang digunakan dalama sistem pakar dengan mencari informasi-informasi, terutama dari Para pakar di bidang mesin VVT-i, kemudian barulah untuk menyimpulkan atau mencari hipotesa berdasarkan informasi yang ada. Sistem pakar ini dapat memberikan informasi kepada pengguna kendaraan atau seseorang yang akan memperbaiki kendaraannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu para pengguna yang masih awam terhadap kerusakan pada mesin Toyota Vios dan memberikan solusi bagi seseorang untuk mengetahui informasi tentang kerusakan pada mesin Toyota Vios dengan singkat, jelas dan mudah dimengerti.
Awaludin MH, Awaludin MH. Sistem Pakar Diagnosa Penyebab Kerusakan Mesin Mobil Isuzu Panther Dengan Menggunakan Metode Forward Dan Backward Chaining (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).
Darmawan, I., 2008. Merawat dan Memperbaiki Mobil Bensin. Niaga Swadaya.
Hargiyarto, P., (2010). Kesesuaian Materi Kegiatan Industri Mitra dengan Kompetensi Keahlian pada Program Praktik Industri Mahasiswa Jurdiknik Mesin Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 19(1), pp.61-80.
Kusumo, R. B. S. (2011). Program Aplikasi Diagnosa Kerusakan Mobil dengan Metode Case Based Reasoning berbasis Open Source. INKOM Journal, 4(2), 115-119.
Liker, J.K., (2004). The toyota way. Jakarta: Penerbit Erlangga
Putra, F.T.B. & Raharja, E., (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Bengkel Mobil RapiGlass Autocare Semarang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Riyanto, M.B., (2011). Analisis efektivitas penerapan sistem produksi Just In Time pada Unit Perakitan PT. Astra Daihatsu Motor.
Syahrizal, M., 2013. Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Kerusakan Pada Mobil Toyota Dengan Best First Search Berbasis WAP. Majalah Ilmiah INTI (Informasi dan Teknologi Ilmiah), 1(1).
Yudatama, U., 2008. Sistem Pakar untuk Diagnosis Kerusakan Mesin Mobil Panther Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi IST AKPRIND, 1.
An author who publishes in the Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System agrees to the following terms:
Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.