PERANAN BAURAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN ALAT KESEHATAN

  • Zakaria Ian Setiawan (1*) Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Rusdiansyah Rusdiansyah (2) Manajemen Informatika AMIK BSI Jakarta

  • (*) Corresponding Author
Keywords: Alat Kesehatan, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan

Abstract

Perubahan sosial ekonomi di era globalisasi sekarang ini membuahkan tantangan yang tidak dapat dihindarkan oleh dunia bisnis pada umumnya dan pemasaran pada khususnya. Salah satu upaya yang ditempuh oleh perusahaan dalam meningkatkan volume penjualan adalah perlunya ditunjang strategi pemasaran melalui orientasi bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi, dan tempat. Dari keempat variabel dalam bauran pemasaran tersebut yang menjadi salah satu titik tolak adalah harga. Penentuan harga bertujuan untuk mendorong penjualan dalam pemasaran suatu barang dan jasa, dan juga bersaing dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peranan bauran harga terhadap peningkatan penjualan alat kesehatan pada PT Faiz Sejahtera. Pengujian menggunakan analisis regresi linier berganda. Sedangkan untuk menentukan diterima atau tidaknya hipotesis, peneliti menggunakan uji F dan T. Pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner terhadap 100 responden dan teknik pengambilan sample menggunakan teknik non probability sampling. Berdasarkan hasil analisis menyatakan adanya pengaruh antara peranan bauran harga terhadap peningkatan penjualan alat kesehatan pada PT. Faiz Sejahtera diantaranya produk, harga, tempat, promosi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong, Gary dan Kotler, Philip. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: PenerbitPrenhalindo.2002.

Aria kusuma Syamsu. 2014. Peranan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan PT Nusantara Surya Sakti Bululawang.Malang:Jurnal Administrasi Bisnis Vol:16 No.1 November 2014.

Bagian Administrasi. 2015. Struktur Organisasi. Tangerang: PT Faiz Sejahtera.

Djamaludin Karim, Jantje L.Sepang dan Bode lumanauw. 2014. Marketing Nix pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT Manado Sejati Perkasa Group.Sulawesi Utara: Jurnal Emba Falkutas Ekonomi dan Bisnis Vol 2, No 1. Maret 2014: 421-430.

Hendra, Saputra. 2008. Pengertian Pemasaran. Jakarta.

Imam Ghozali.2011.Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Semarang:Penerbit Universitas Diponogero.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2006. Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi kedua belas. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi kedua belas, Alih Bahasa oleh Benyamin Molan. Jakarta: PT. Indeks.

Sandjojo,Nidjo.2014.Metode Analisis Jalur dan Aplikasinya,edisi revisi :Falkutas Ilmu Komputer.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tambajong, Geraldy. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT Sarana Niaga Megah Kerta Manado. ISSN: 2303-1174. Manado : Jurnal Emba fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Vol:1 No 3. September 2013: 1291-1301.
Published
2016-09-15
How to Cite
Setiawan, Z., & Rusdiansyah, R. (2016). PERANAN BAURAN HARGA TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN ALAT KESEHATAN. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(2), 211-218. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/275
Article Metrics

Abstract viewed = 883 times
PDF downloaded = 1080 times