DAMPAK PENINGKATAN JARINGAN 3G PT INDOSAT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI JABOTABEK DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM)

  • Ahmad Hendra Darmawan Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Dewi Ayu Nur Wulandari Komputerisasi Akuntansi AMIK BSI Bandung
Keywords: Goodness of Fit, Kualitas dan kepuasan pelanggan, Peningkatan jaringan, Structural Equation Modelling.

Abstract

Program peningkatan jaringan 3G PT Indosat di wilayah Jabotabek bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kepuasan pelanggan PT Indosat di wilayah Jabotabek yang secara posisi memang masih dibawah Telkomsel dan XL dalam tingkat kepuasan pelanggan. Pengolahan hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dari 3 kelompok variabel yang diteliti yaitu reliabilitas, kemudahan dan pilihan yang dilakukan pencocokannya dengan indikator dari Goodness of Fit (GOF). Dari hasil pengolahan data didapat bahwa program peningkatan jaringan 3G PT Indosat di wilayah Jabotabek mampu menaikan kualitas dan kepuasan pelanggan khususnya wilayah Jabotabek dari semua jenis kartu seluler dan layanan jasa telekomunikasi yang disediakan oleh PT Indosat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjani Ambarini, Dwi Novirani, Abu Bakar. (2014). Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan Indosat berdasarkan Telecommunication Service Quality dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Reka Integra ISSN : 2338-5081. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional No.01, Vol.02, Juli 2014.

Melysa Elisabeth Pongoh. (2013). Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan kartu As Telkomsel dikota Manado. ISSN : 2303-1174. Jurnal Emba Vol.02, No.04 Desember 2013: 86-94.

Nia.C.M. Saleleng, Christoffel Kojo, Meryln Karutu. (2014). Kualitas produk dan kulitas pelayanan pengaruhnya terhadap kepuasan pelanggan kartu prabayar Telkomsel. ISSN : 2303-1174. Jurnal Emba Vol.02, No.03 September 2014: 1057-1067.

Priyatno, Duwi (2013). Mari Belajar Analisis Data Dengan SPSS, Cetakan Pertama, Yogyakarta : Penerbit Mediakom.

Schiffman, Leon & Kanuk, Leslie Lazar. (2007). Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh, Cetaka kedua, Jakarta ,Penerbit : PT Indeks

Wijanto, Setyo Hari (2015). Metode Penelitian menggunakan Structural Equation Modelling dengan LISREL 9, Cetakan Pertama, Penerbit Grha Ilmu, Yogyakarta
Published
2019-03-07
How to Cite
Darmawan, A., & Wulandari, D. (2019). DAMPAK PENINGKATAN JARINGAN 3G PT INDOSAT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI JABOTABEK DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM). Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 12(2), 219-226. Retrieved from https://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/276