Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program keahlian yang sesuai dengan minat dan kemampuan siswa yang ditinjau dari alasan dasar siswa dalam memilih program keahlian. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana sumber data berasal dari siswa kelas sepuluh serta dokumen atau arsip yang berhubungan dengan sejarah pekembangan SMK Daarul Uluum Jakarta. Sampling diambil berdasarkan perhitungan menggunakan rumus slovin dan analisis dan analisis data menggunakan metode Analytical hierarchy process (AHP). Dengan penelitian ini diharapkan adanya perbaikan tentang cara pandang siswa dalam menentukan jurusan yang akan dipilih siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sesuai dengan hasil perhitungan matematis metode AHP 43,4% dari jawaban responden memilih akuntansi, 32,2% memilih administrasi perkantoran,dan 24,4% memilih teknik komputer jaringan sebagai program keahlian pilihan mereka. Pertimbangan hobby & kesenangan menjadi alasan dasar siswa yang paling diutamakan bila dilihat berdasarkan sasaran secara global dan pertimbangan peluang kerja bila dilihat berdasarkan tingkat pengaruh alasan dasar itu sendiri terhadap program keahlian. Hasil yang diperoleh tersebut diharapkan menjadi suatu perhatian dan dapat disikapi secara positif agar dapat berbuah manis dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari sebagaimana alasan dasar memiliki dampak positif maupun dampak negatif
Hermanto, N. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Menentukan Jurusan Pada Smk Bakti Purwokerto. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2012 (Semantik 2012), 2012(Semantik), 52–62.
Ismiati, L., Journal, H. H.-E. E. A., & 2017, undefined. (n.d.). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA KELAS XI IPS MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER EKONOMI AKUNTANSI DI SMA N 4 MAGELANG. Journal.unnes.ac.id. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/16452
Kustiyahningsih, Y., & Syafa’ah, N. (2015). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN JURUSAN PADA SISWA SMA MENGGUNAKAN METODE KNN DAN SMART. Jurnal Sistem Informasi Indonesia, 1(1). Retrieved from http://publications.aisindo.org/index.php/JSII/article/view/7/4
Malik, A. Y., & Haryanti, T. (2018). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.
Nur, hidayat lutfi. (2014). Metode Topsis Untuk Membantu Pemilihan Jurusan Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Universitas Dian Nuswantoro, 5–6.
Nurdiyah, D. (2016). Decision Support System For Approval New Student And Majoring Selection Based On Student’s Interest And Talent By Fuzzy Multiple Decision Making, Simple Additive Weighting And Buble Sort Method In SMK Telekomunikasi Tunas Harapan. Jurnal Transformatika, 14(1), 44–49. Retrieved from http://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/388/247
Sari, E., Sosial, A. J.-J. O. M. (JOM) B. I., & 2015, undefined. (n.d.). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswi Dalam Memilih Jurusan Teknik Sipil Di Universitas Riau. Jom.unri.ac.id. Retrieved from https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/4877
Wulandari, I. S. (2013). Alasan Pemilihan Jurusan Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Studi Kasus Di Smk Negeri 3 Sukoharjo Tahun 2012).
An author who publishes in the Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System agrees to the following terms:
Diterbitkan Oleh:
Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Nusa Mandiri
Creation is distributed below Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.