PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JASA CUCI MOBIL DAN MOTOR

  • Ade Christian Teknik Informatika STMIK Nusa Mandiri
  • Khairul Rizal Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nur Alam Sistem Informasi Kampus Kota Sukabumi, Universitas Bina Sarana Informatika
  • Amir Amir Sistem Informasi Kota Bogor Universitas Bina Sarana Informatika
Keywords: Waterfall Model, Motorcycle Wash, Car Wash

Abstract

Setiap tahun pengguna sepeda motor selalu mengalami peningkatan, hal ini terbukti dari data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik tahun 2017 dalam jumlah kendaraan bermotor sebanyak 138.556.669. Ditambah dengan keberadaan transportasi online yang saat ini banyak dijumpai di Jakarta, tidak mengherankan jika jumlah pengendara semakin meningkat. Meningkatnya jumlah pengemudi sepeda motor semakin meningkat, semakin banyak polusi udara, selain tidak baik untuk kesehatan, polusi ini juga membuat kendaraan bermotor cepat kotor. Namun ini digunakan oleh sepeda motor dan layanan cuci mobil untuk memberikan peluang bisnis yang lebih besar di bidang layanan Cuci Mobil dan Sepeda Motor. Saat ini layanan sepeda motor dan cuci mobil masih manual, metode ini dianggap kurang efektif, terutama menyangkut sistem bagi hasil antara pemilik layanan cuci mobil dengan pekerja. Karenanya kita memerlukan cara praktis dengan sistem berbasis komputer untuk membantu berbagi pendapatan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem air terjun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan sistem Point Of Sale lebih mudah untuk proses input transaksi untuk Layanan Cuci Mobil dan Motor. Dengan sistem ini, pemilik layanan pencucian mobil dan sepeda motor akan lebih mudah untuk menghitung sistem bagi hasil untuk setiap pencucian mobil dan sepeda motor.

References

Christian, A., & Ariani, F. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Peminjaman Perangkat Demo Video Conference Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 14(1), 131–136.

Christian, A., Rizal, K., Alam, N., & Amir. (2019). Laporan Akhir Penelitian Mandiri. Jakarta.

Parhusip, J., Sylviana, F., Ariani, R. C., Teknik, F., Raya, U. P., Teknik, F., … Raya, U. P. (2017). Rancang bangun sistem informasi layanan pencucian mobil di palangka raya berbasis web. Jurnal Teknologi Informasi, 11(2), 28–35.

Pratiwi, O. R., Nasution, S. M., & Azmi, F. (2016). Perancangan Point of Sales ( Pos ) Untuk Sistem Biometric Payment. E-Proceeding of Engineering, 3(1), 718–724.

Rizal, K. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Dekstop dengan Model Waterfall. Jurnal Swabumi, 6(2), 117–122.

Santi, D. N. (2001). Pencemaran Udara Oleh Timbal (Pb) Serta Penanggulangannya. Digitized by Universitas Sumatera Utara.

Santoso, H. (2019). Rancang bangun sistem informasi akademik berbasis web dengan metodologi berorientasi objek. Program, 2(April 2018), 65–72.

Simargolang, M. Y., Siregar, H. F., & Nasution, N. (2018). Aplikasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis WEB ( Studi Kasus : Pelangi Laundry Kisaran ). J.TI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(1).

Published
2019-07-25
How to Cite
Christian, A., Rizal, K., Alam, N., & Amir, A. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JASA CUCI MOBIL DAN MOTOR. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 65-70. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/604
Article Metrics

Abstract viewed = 194 times
PDF downloaded = 89 times