ANALISIS FAKTOR SISWA MENGUNAKAN M- LEARNING DENGAN METODE STRUCTURAL PARTIAL LEAST SQUARE

  • Ani Yoraeni Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
  • Andi Arfian Sistem Informasi STMIK Nusa Mandiri
Keywords: M-learning, PLS,, Struktur Modeling Equation

Abstract

Pemanfaatan M-learning pada proses pembelajaran di sekolah diyakini mampu untuk meningkatkan prestasi dan kualitas siswa. Dengan adanya sistem pembelajaran M-learning, Siswa dapat belajar mandiri dan tidak hanya mengandalkan proses belajar mengajar di sekolah. Diharapkan siswa menjadi lebih aktif dan bisa berinovasi dan termotivasi  cara belajar yang terpusat pada pengajar menjadi terpusat pada siswa. Penulis melakukan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dengan adanya hubungan anatara pengaruh lingkungan, Pengaruh Individu, Psikologis dalam Pemanfatan  M-learning dalam meningkatkan  minat belajar mata pelajaran simulasi digital dan sejauh mana pengaruh penggunaan M-learning terhadap minat belajar siswa.   Faktor yang mempengaruhi keputusan Siswa  diperlukan untuk menentukan keinginan mengunakan M-Learning . Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan Siswa Mengunakan M-Learning  (Y) menurut Engel, dkk (1994) adalah faktor lingkungan(X1) , faktor perbedaan individu (X2) dan faktor proses psikologis (X3). Metode yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis varians yaitu Partial Least Square (PLS). SEM dengan PLS berbasis varians sehingga mampu menangani dua kondisi yaitu kondisi dengan faktor yang tidak dapat ditentukan dan kondisi dimana solusi tidak dapat diterima. Penelitian ini menggunakan program computer smart PLS 3.0 dan menentukan variabel yang signifikan terhadap keputusan Siswa Mengunakan M-Learning  (Y) di Smkn 5 Kota Bekasi.  Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, variabel yang diperoleh mempengaruhi keputusan Siswa Mengunakan M-Learning  (Y) adalah variable factor lingkungan (X1) dan variable factor perbedaan individu (X2) mempunyai pengaruh yang rendah terhadap minat mengunakan M-Learning.

References

Abdillah, W., & Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Ed.1. Yogyakarta: ANDI (1st ed.). Yogjakarta: ANDI.

Darmawan, D. (2012). Teknologi Informasi Dan Komunikasi (1st ed.). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Elyana, & Charin, Z. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MOBILE DICTIONARY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN MATA KULIAH MEMBACA BAGI MAHASISWA S1 PENDIDIKAN BAHASA MANDARIN. JDP, 10(2), 204–225.

Erni Mardliyani, R., & Mukminan. (2017). PENGEMBANGANG M-LEARNING UNTUK MENDUKUNG KEMANDIRIAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI. Junal Inovasi Teknologi Pendidikannal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 157–166.

Ghozali. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: Universitas Dionogoro.

Narimawati, U., & Sarwono, J. (2017). Structural Equation Modeling (SEM) (1st ed.). Bogor: STIE Binaniaga.

Wati, E. I., Ilyas, M., & Sulistyowati, E. D. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMK. Jurnal Ilmu Budaya, 1(4), 291–304.

Published
2019-08-09
How to Cite
Yoraeni, A., & Arfian, A. (2019). ANALISIS FAKTOR SISWA MENGUNAKAN M- LEARNING DENGAN METODE STRUCTURAL PARTIAL LEAST SQUARE. INTI Nusa Mandiri, 14(1), 93-98. Retrieved from http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/inti/article/view/606
Article Metrics

Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 5 times